Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Main HP Sambil Mengecas Bisa Bikin Ponsel Meledak?

Kompas.com - 06/08/2022, 19:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita mungkin pernah mendengar berita soal insiden ponsel terbakar atau meledak di media massa maupun media sosial.

Selama ini, kabar yang beredar memang menyebutkan bahwa memainkan HP sambil ngecas dapat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan HP meledak atau terbakar.

Lantas, benarkah rumor ini? Menurut laporan outlet media LifeWire, kabar soal HP dapat meledak jika dimainkan saat dicas perlu diluruskan. Sebab, ada faktor lain yang membuat HP dapat terbakar saat dicas.

Kabar memainkan HP sambil ngecas dapat menyebabkan HP meledak atau terbakar diyakini pertama kali mencuat pada 2013 silam.

Baca juga: Smartphone ZTE Dipastikan Kembali Dijual di Indonesia

Ketika itu, iPhone 4 milik pramugari China meledak ketika sedang digunakan sambil ngecas. Masalahnya, pramugari itu tidak melaporkan detail lengkap soal insiden yang dialaminya.

Usut punya usut, ternyata pramugari itu mengisi daya iPhone 4 miliknya dengan produk charger aftermarket, alias bukan charger bawaan dari Apple.

Pengisi daya aftermarket itu diduga rusak sehingga menyebabkan insiden meledaknya iPhone 4 tersebut.

Nah, jadi, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran atau ledakan pada HP ketika mengisi daya adalah penggunaan charger yang tidak sesuai.

Untuk menghindari insiden saat pengisian daya, LifeWire menyarankan pengguna untuk selalu menggunakan adapter charger, kabel, dan power supply lain bawaan dari produsen pembuat ponsel.

Faktor lain yang bisa membuat ponsel terbakar atau meledak

Beginilah kondisi ponsel yang meledak dan membuat seorang bocah harus kehilangan satu jari tangan dan sebelah matanya buta.AsiaWire/Daily Mail Beginilah kondisi ponsel yang meledak dan membuat seorang bocah harus kehilangan satu jari tangan dan sebelah matanya buta.
Rata-rata smartphone yang ada di pasar saat ini tidak mungkin meledak, tetapi insiden ini tetap bisa terjadi. Setidaknya begitulah menurut outlet media PCMag.

Menurut PCMag, ada banyak alasan yang membuat smartphone dapat terbakar atau meledak. Alasan ini hampir selalu berkaitan dengan baterai ponsel.

Smartphone modern sudah dibekali baterai berjenis lithium-ion, yang mengandung keseimbangan elektroda positif dan negatif yang baik untuk pengisian ulang daya.

Namun, ketika terjadi kesalahan, komponen bagian dalam baterai dapat rusak dan menimbulkan reaksi volatil yang dapat menyebabkan kebakaran.

Kerusakan baterai sendiri dapat terjadi karena berbagai alasan. Namun masalah yang paling umum yang sering ditemui adalah panas yang berlebihan (overheat).

Baca juga: Smartphone Infinix dengan Fast Charging 180 Watt Meluncur Tahun Ini

Overheat bisa terjadi karena faktor yang beragam, di antaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com