Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A23 5G Meluncur dengan Baterai 5.000 mAh, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - Diperbarui 08/08/2022, 10:10 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Samsung diam-diam resmi menambah anggota baru dari lini Galaxy A23 series, yakni Samsung Galaxy A23 5G. Pengumuman tersebut diunggah langsung oleh perusahaan melalui situs resminya di Samsung Mobile Press.

Samsung Galaxy A23 5G merupakan "saudara" dari Galaxy A23 4G yang telah diluncurkan pada Maret lalu.

Samsung Galaxy A23 5G mengusung layar berpanel LCD dengan bentang seluas 6,6 inci. Resolusi layar Galaxy A23 5G sudah Full HD Plus.

Dari segi tampilan, layar depan smartphone mengadopsi model Infinity-V Display, yakni takik sepertiyang serupa tetesan air sebagai wadah kamera depan (selfie).

Baca juga: Hands-on dan Unboxing Samsung Galaxy A23, HP Harga Rp 3 Jutaan

Samsung belum membeberkan besaran refresh rate layarnya dan apakah ponsel ini turut dibekali pelindung layar atau tidak. Namun, menurut bocoran sebelumnya, smartphone ini memiliki refresh rate 90 Hz dan menggunakan layar kaca dari Gorilla Glass 5.

Untuk sektor fotografi, Samsung Galaxy A23 5G memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8 dan fitur OIS), kamera ultra-wide 5 MP (f/2.2), serta kamera makro dan depth camera masing-masing 2 MP (f/2.4). Lalu, untuk kamera depannya beresolusi 8 MP (f/2.2).

Di situs resmi, Samsung tidak gamblang menyebut chipset yang ditanamkan di "otak" Galaxy A23 5G. Di tabel spesifikasi hanya disebut "octa-core" untuk bagian prosesor.

Baca juga: Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A23 Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Menurut bocoran yang telah beredar sebelumnya di situs benchmark, Geekbench, Galaxy A23 5G diprediksi bakal mengandalkan chipset bikinan Qualcomm, Snapdragon 695.

Chipset tersebut didukung dengan konektivitas 5G mmWave disertai kinerja CPU yang 15 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, yakni Snapdragon 680, chipset yang disematkan ke dalam Galaxy A23 4G.

Samsung Galaxy A23 5G tersedia dalam beberapa opsi RAM dan memori, yakni RAM 4/6/8 GB dan 64/128 GB media internal. Kapasitasnya bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A23 5G di Indonesia

Gambar render yang diyakini merupakan perangkat Galaxy A23.Onleaks x CollegeDunia Gambar render yang diyakini merupakan perangkat Galaxy A23.

Ponsel ini dibekali baterai 5.000 mAh. Belum diketahui berapa dukungan pengisi dayanya. Apabila mengacu bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G yang muncul di situs Komisi Perdagangan Federal (FCC) di AS, kemungkinan ponsel ini didukung pengisian daya 25 watt.

Untuk sistem operasi, perangkat ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 dan dilapisi tampilan antarmuka OneUI 4.1 serta sistem keamanan Samsung Knox.

Fitur lain yang mendukung perangkat ini antara lain Wi-FI 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, serta memiliki fitur pemindari sidik jari (fingerprint) sebagai sistem dari keamanan perangkat.

Baca juga: Perbandingan Samsung Galaxy A22 dan Galaxy A23, Layak Upgrade?

Harga Samsung Galaxy A23 5G

Meskipun sudah muncul di situs resmi, namun masih ada beberapa spesifikasi yang belum diumumkan oleh Samsung. Termasuk soal warna apa saja yang bakal tersedia. Namun, dari display gambar yang dipajang, kemungkinan salah satu varian warnanya adalah peach.

Samsung juga belum membeberkan harga Galaxy S23 5G, termasuk di mana saja ponsel ini akan dijual.

Baca juga: Samsung Galaxy A23 5G Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (6/8/2022), Galaxy A23 5G kemungkinan akan dirilis ke Eropa dan India, dengan banderol harga mulai dari 230 euro setara Rp 3,5 juta (mengikuti kurs hari ini).

Kemungkinan, harga Samsung Galaxy A23 5G bakal lebih mahal dibanding Galaxy A23 versi 4G karena mendukung jaringan 5G.

Baca juga: Beda Rp 200.000, Ini Perbandingan Samsung Galaxy M23 5G dan Galaxy A23

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com