YouTube Uji Coba Fitur “Zooming Video” Versi Baru untuk Pengguna Premium

Kompas.com - 07/08/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Pada 2017 lalu, Youtube menggelontorkan fitur pinch-to-zoom untuk memperbesar video dengan gestur mencubit (mengusap layar dengan telunjuk dan ibu jari ke arah luar). Namun, fitur ini hanya bisa digunakan dalam mode full screen atau layar penuh.

Baru-baru ini, YouTube memperkenalkan fitur pinch-to-zoom versi baru yang saat ini masih dalam tahap eksperimental atau uji coba. Di versi baru, fitur pinch-to-zoom tidak hanya bisa berfungsi dalam tampilan full screen saja, tapi juga saat mode landscape atau setengah layar.

Baca juga: Dicubit, Video YouTube Jadi Lebih Besar

Namun, tidak semua pengguna bisa ikut mencoba fitur ini. Sebab, hanya pengguna Youtube Premium, alias pengguna berbayar saja yang bisa mencoba fitur ini lebih awal.

Pengguna iOS ataupun Android yang berlangganan Youtube, saat ini sudah bisa turut mencoba fitur "memperbesar gambar" tersebut. Uji coba fitur ini akan tersedia hingga yang 1 September 2022 mendatang dan bisa digunakan oleh pengguna YouTube Premium versi Android maupun iOS.

Baca juga: 10 Video Musik yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Setelah mencoba, YouTube berharap pengguna bisa memberi masukkan terkait fitur pinch-to-zoom versi baru ini.

“Dengan waktu yang terbatas, pelanggan berbayar dapat mencoba fitur baru yang sedang kami kerjakan. Sebagai pelanggan berbayar, And juga dapat menikmati layanan bebas iklan, mengunduh (video), dan masih banyak lagi,” tulis Youtube di blog resminya.

Baca juga: Saingi TikTok, YouTube Siapkan Fitur Edit Video Jadi Shorts

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Times of India, Minggu (7/8/2022), masukkan pengguna akan berpengaruh ke keputusan final, apakah akan menggulirkan fitur pinch-to-zoom versi terbaru ke seluruh pengguna atau hanya pengguna Premiuim saja.

Tidak menutup kemungkinan pula, YouTube batal merilis fitur ini apabila tidak begitu diminati.

Baca juga: Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Macbook dengan Mudah

Cara mencoba fitur baru Youtube

Fitur baru Youtube Premium (Sumber: Youtube)Youtube Fitur baru Youtube Premium (Sumber: Youtube)

Untuk pengguna berbayar di Android, uji coba fitur dapat dicoba dengan beberapa langkah saja. Dimulai dari membuka profil pengguna di aplikasi Youtube. Kemudian, pilih “Your Premium benefits” atau “Manfaat Premium Anda (pengguna)”.

Setelah dari situ, pengguna akan diarahkan ke halaman “Try new features” atau “Coba fitur baru”. Di halaman yang sama, pengguna dapat mengaktifkan fitur ini agar dapat memperbesar tampilan gambar. Untuk lebih mudahnya, pengguna bisa mengeklik tautan berikut.

Baca juga: 2 Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di iPhone dengan Mudah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.