Kompas.com - 08/08/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - CEO SpaceX Elon Musk sempat dikabarkan berencana membuat bandara pribadi baru. Beberapa sumber yang dikutip situs Austonia mengatakan lokasinya akan berada di timur kota Austin, Texas dekat wilayah Bastrop. Namun, titik pastinya belum diketahui.

Menurut kabar awal yang beredar, bandara pribadi itu akan mengakomodasi jet pribadi Elon Musk dan eksekutif perusahaan miliknya.

Selain untuk kepentingan pribadi, fasilitas itu juga disebut akan dimanfaatkan untuk keperluan korporasi milik Musk, seperti Tesla, SpaceX hingga The Boring Company.

Baca juga: Elon Musk Gugat Balik Twitter

Elon Musk dan perusahaannya sendiri kabarnya memiliki ribuan hektar lahan di Central Texas, dan sebagian besar lahannya berada di sepanjang koridor Sungai Colorado.

Sebagian dari lahan tersebut atau sekitar 2.500 hektar, digunakan untuk kantor pusat Tesla yang diresmikan pada Desember tahun lalu.

Nah, menurut rumor, bandara pribadi Elon Musk akan menjadi hub utama bagi bos Tesla itu, serta jajaran eksekutif dan karyawan perusahaan agar lebih efisien dalam mobilitas ke kantor pusat di Texas.

Baca juga: Elon Musk Dituduh Selingkuhi Istri Pendiri Google

Dibantah Elon Musk

Setelah rumor soal bandara pribadi Elon Musk mencuat, CEO Tesla itu segera membantahnya.

"Tidak benar. (Kantor) Tesla berjarak 5 menit dari bandara Internasional Austin," kata Musk melalui Twitter pribadinya dengan handle @elonmusk.

"Akan konyol untuk membangun bandara swasta lain, sedangkan bandara komersial yang ada membutuhkan landasan pacu lain karena Austin berkembang dengan pesat!," imbuhnya.

Baca juga: 4 Alasan Elon Musk Batal Beli Twitter Rp 652 Triliun

Pembangunan bandara baru juga cukup rumit karena memerlukan persetujuan dari lembaga pemerintah Environmental Protection Agency (EPA) dan Federal Aviation Administration (FAA) serta otoritas daerah setempat.

Sementara saat ini, hubungan Musk dan pemerintah AS, terutama Presiden Joe Biden, merenggang setelah saling lempar kritik dan sindiran. Sehingga, bukan tidak mungkin, apabila rumor pembangunan bandara pribadi itu benar, proses perizinannya tidak akan mudah.

Baca juga: Ketika Firasat Buruk Elon Musk soal Ekonomi AS Dibalas Sindiran oleh Joe Biden...

Dikutip KompasTekno dari Express News, Senin (8/8/2022), Elon Musk memang sering berkunjung ke kantor pusat Tesla atau disebut Gigafactory di Austin, Texas. Dalam dua minggu terakhir Musk cukup sering lepas landas dan mendarat di bandara Austin, termasuk saat dia terbang ke Yunani pada 18 Juli lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.