Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Bikin PC Gaming dari Kloset Duduk

Kompas.com - 08/08/2022, 10:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Spot

KOMPAS.com - Tak mau main game di konsol handheld di toilet, seorang YouTuber mengubah kloset menjadi PC gaming, sehingga ia bisa bermain game sembari "menyelesaikan urusannya".

YouTuber Nick Zetta melalui kanal YouTube Basically Homeless, menceritakan pengalamannya saat menjadikan kloset duduk sebagai ibaratnya casing dari rig PC gaming-nya.

Zetta menjelaskan bahwa ide unik ini dilatar-belakangi oleh keinginannya yang enggan membawa konsol Nintendo Switch dan SteamDeck saat hendak ke toilet.

Alih-alih memainkan konsol handheld saat sedang buang air di toilet, Zetta ingin merasakan sensasi langsung bermain game menggunakan mouse dan keyboard.

Baca juga: Lebih Jorok dari Dudukan Toilet, Smartphone Jadi Sumber 5 Masalah Kulit Ini

"Saya tidak ingin menggunakan ibu jari saya lagi (untuk bermain game). Sistem saraf saya yang semakin tua tidak lagi mendukung gerakan dan ibu jari saya," jelas Zetta.

Nick Zetta terlihat sedang memainkan game Counter-Strike: Global Offensive di PC toilet bikinannya.YouTube/Basically Homeless Nick Zetta terlihat sedang memainkan game Counter-Strike: Global Offensive di PC toilet bikinannya.

Dalam prosesnya, Zetta mulanya merancang gambar 3D render PC toilet menggunakan aplikasi Blender. Kemudian, ia membeli closet duduk dan mulai memotong bagian depan tanki/penampung airnya.

Baca juga: Pria Ini Minta Dikirimi PC Gaming Rp 100 Juta untuk Isoman di Hotel

Bagian ini nantinya akan diganti dengan lapisan kaca, sehingga dapat menampilkan sisi dalam toilet duduk. Pada bagian dalam tangki kloset duduk, Zetta meletakkan sebuah dinding plexiglass untuk memisahkan komponen PC dengan tanki air.

Sebagai sistem pendinginan PC, Zetta turut memasangkan kipas di dalam tangki toilet. Zetta mengaku bahwa ia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari pengetahuan dasar tentang pipa ledeng hingga cara memotong porselen.

Proses pembuatan PC toilet ini sempat mengalami kendala sebab Zetta lupa menguji tes kebocoran, yang mengakibatkan air dari tangki khusus penyiraman bocor.

Kabar baiknya, kebocoran tersebut tidak berdampak masif pada sistem PC-nya, sebab Zetta dapat mengatasinya menggunakan sealent cair dan flex seal. Kini, upaya tersebut terbayarkan karena ia berhasil membuat sebuah kloset PC toilet sungguhan.

Baca juga: Hotel Ini Sediakan 71 PC Gaming dengan Spesifikasi Tinggi untuk Gamer

Untuk menguji performa kloset PC bikinannya, Zetta menjalankan game Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO).

Selengkapnya, berikut adalah spesifikasi PC kloset rancangan Zetta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Spot, Senin (8/8/2022).

  • Prosesor: Intel Core i7-12700 CPU
  • Motherboard: MSI Z690I Unify mini-ITX
  • RAM: G.Skill Trident Z5 64 GB
  • GPU: Asus Nvidia GeForce RTX 3060
  • Monitor: MSI Optix 240 Hz

https://kotaku.com/basicallyhomeless-gaming-pc-toilet-youtuber-poop-csgo-1849357080

https://www.techspot.com/news/95492-modder-turns-toilet-fully-functional-gaming-pc.html

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Tech Spot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com