Instagram Uji Tampilan Foto Mirip TikTok Meski Diprotes

Kompas.com - 08/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram tampak makin serius menghadirkan konten layar penuh (full-screen) di platformnya, baik dalam aspek video maupun foto.

CEO Instagram, Adam Mosseri, kembali menegaskan bahwa Instagram akan mulai menguji coba menampilkan foto dengan rasio 9:16 dalam beberapa waktu ke depan.

Hal tersebut diumumkan Bos Instagram dalam sesi "Ask Me Anything" mingguan yang rutin dilakukannya di akhir pekan. Rasio 9:16 ini sama seperti yang digunakan oleh TikTok.

"Anda dapat memiliki video 'tinggi', tetapi Anda tidak dapat memiliki foto 'tinggi' di Instagram. Jadi kami pikir, mungkin kami harus memastikan bahwa kami memperlakukan keduanya secara setara," kata Mosseri.

Baca juga: Semua Video IG di Bawah 15 Menit Diubah Jadi Reels

Saat ini, Instagram menerapkan rasio gambar 1:1 dan 4:5 untuk tampilan foto di linimasa (timeline) pengguna.

Nantinya, dengan rasio 9:16, foto akan menjadi lebih ramping dan lebih tinggi (vertikal) sehingga memenuhi seluruh layar ketika pengguna menggulirkan linimasa.

Rasio 9:16 yang sama sudah lebih dulu diterapkan pada konten video pendek di Instagram, yaitu Reels di timeline.

Foto layar penuh sempat diuji coba dan diprotes pengguna

Sebelumnya, Instagram sempat menguji coba tampilan baru supaya konten foto dan video di Instagram Feed dimuat dalam tampilan full-screen pada Juni lalu.

Nantinya, mereka yang mendapatkan fitur ini akan bisa melihat konten foto atau video yang ada di Instagram Feed ditampilkan dalam layar yang nyaris penuh, mirip seperti linimasa milik TikTok, seperti pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.Instagram Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.
Deretan tombol di bagian atas layar, seperti tombol membuat post baru, notifikasi, hingga Direct Message (DM) akan masuk di bagian atas konten.

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.