Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Tampilan Foto Mirip TikTok Meski Diprotes

Kompas.com - 08/08/2022, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram tampak makin serius menghadirkan konten layar penuh (full-screen) di platformnya, baik dalam aspek video maupun foto.

CEO Instagram, Adam Mosseri, kembali menegaskan bahwa Instagram akan mulai menguji coba menampilkan foto dengan rasio 9:16 dalam beberapa waktu ke depan.

Hal tersebut diumumkan Bos Instagram dalam sesi "Ask Me Anything" mingguan yang rutin dilakukannya di akhir pekan. Rasio 9:16 ini sama seperti yang digunakan oleh TikTok.

"Anda dapat memiliki video 'tinggi', tetapi Anda tidak dapat memiliki foto 'tinggi' di Instagram. Jadi kami pikir, mungkin kami harus memastikan bahwa kami memperlakukan keduanya secara setara," kata Mosseri.

Baca juga: Semua Video IG di Bawah 15 Menit Diubah Jadi Reels

Saat ini, Instagram menerapkan rasio gambar 1:1 dan 4:5 untuk tampilan foto di linimasa (timeline) pengguna.

Nantinya, dengan rasio 9:16, foto akan menjadi lebih ramping dan lebih tinggi (vertikal) sehingga memenuhi seluruh layar ketika pengguna menggulirkan linimasa.

Rasio 9:16 yang sama sudah lebih dulu diterapkan pada konten video pendek di Instagram, yaitu Reels di timeline.

Foto layar penuh sempat diuji coba dan diprotes pengguna

Sebelumnya, Instagram sempat menguji coba tampilan baru supaya konten foto dan video di Instagram Feed dimuat dalam tampilan full-screen pada Juni lalu.

Nantinya, mereka yang mendapatkan fitur ini akan bisa melihat konten foto atau video yang ada di Instagram Feed ditampilkan dalam layar yang nyaris penuh, mirip seperti linimasa milik TikTok, seperti pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.Instagram Ilustrasi tampilan full screen di Instagram Feed.
Deretan tombol di bagian atas layar, seperti tombol membuat post baru, notifikasi, hingga Direct Message (DM) akan masuk di bagian atas konten.

Kolom caption, tombol "like", komentar, hingga tombol share yang ada di bagian bawah juga akan ditempatkan di dalam konten yang diunggah.

Meski demikian, deretan tab yang berada di bagian bawah aplikasi Instagram, seperti tab home, discover, Reels, Shop, hingga Profile, masih akan berada di tempat yang sama dan tidak akan menindih tampilan konten foto atau video Instagram Feed.

Baca juga: Beda Respons Zuckerberg dan Bos Instagram soal Kritikan Tampilan IG yang Semakin Mirip TikTok

Sekitar Mei lalu, Instagram juga disebut menguji coba tampilan baru supaya konten foto dan video di Instagram Feed dimuat dalam tampilan full screen.

Namun kala itu, deretan tombol yang terdapat di bagian atas aplikasi Instagram masih belum terlihat menimpa foto atau video yang diunggah.

Ketika diuji coba pada Mei dan Juni lalu, tampilan linimasa dengan foto dan video full-screen macam TikTok ini diprotes oleh sejumlah pengguna. Termasuk oleh selebriti Kylie Jenner dan Kim Kardashian.

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com