Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Kompas.com - 08/08/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com- Di iPhone, setidaknya terdapat dua sistem keamanan penguncian layar, yakni penguncian menggunakan password dan Face ID (biometrik pengenalan wajah) atau Touch ID (fingerprint).

Sistem penguncian layar via password pada dasarnya mendukung untuk semua seri iPhone. Sementara untuk Face ID dan Touch ID, ketersediaannya bergantung dari seri iPhone yang dipakai. Face ID hanya tersedia pada seri iPhone X dan yang lebih baru.

Baca juga: 2 Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di iPhone dengan Mudah

Sedangkan Touch ID, hanya tersedia pada seri iPhone 6 hingga 8 dan semua seri iPhone SE. Sebagaimana umum diketahui, untuk membuka layar iPhone yang dikunci via password, pengguna perlu memasukkan kombinasi angka tertentu.

Kemudian, pengguna bisa membuka kunci layar iPhone dengan pemindaian wajah bila menggunakan Face ID atau pemindaian sidik jari jika memakai Touch ID.

Selain dari cara di atas, membuka kunci iPhone sebetulnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan perintah suara. Lantas, bagaimana cara membuka layar kunci iPhone dengan suara?

Untuk diketahui, iPhone sejatinya tidak dibekali dengan fitur sistem keamanan penguncian layar menggunakan deteksi suara. Seperti yang dijelaskan di atas, sistem penguncian layar iPhone hanya terdiri dari dua jenis, yakni via password dan Face ID atau Touch ID.

Namun, buka kunci iPhone dengan suara dimungkinkan lantaran terdapat fitur Voice Control. Melalui Voice Control, pengguna bisa membuat gerakan ketukan layar melalui perintah suara dengan kalimat tertentu.

Saat Voice Control aktif dan pengguna mengucap kalimat tertentu, bakal muncul gerakan ketukan otomatis pada bagian layar. Gerakan tersebut bisa diatur agar hanya mengetuk pada bagian layar untuk memasukan password layar kunci iPhone.

Misalnya, pengguna membuat password layar kunci iPhone dengan susunan “1234”. Gerakan dari perintah suara Voice Control bisa diatur untuk hanya mengetuk bagian tombol “1234” yang terdapat di layar kunci.

Sehingga, saat mengucap suara dengan kalimat tertentu, tombol “1234” di layar kunci bakal terketuk otomatis dan iPhone bisa terbuka. Gerakan ketukan sebagai hasil perintah suara itulah yang bisa dipakai untuk membuka layar kunci iPhone.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.