Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Kompas.com - 08/08/2022, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Di iPhone, setidaknya terdapat dua sistem keamanan penguncian layar, yakni penguncian menggunakan password dan Face ID (biometrik pengenalan wajah) atau Touch ID (fingerprint).

Sistem penguncian layar via password pada dasarnya mendukung untuk semua seri iPhone. Sementara untuk Face ID dan Touch ID, ketersediaannya bergantung dari seri iPhone yang dipakai. Face ID hanya tersedia pada seri iPhone X dan yang lebih baru.

Baca juga: 2 Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di iPhone dengan Mudah

Sedangkan Touch ID, hanya tersedia pada seri iPhone 6 hingga 8 dan semua seri iPhone SE. Sebagaimana umum diketahui, untuk membuka layar iPhone yang dikunci via password, pengguna perlu memasukkan kombinasi angka tertentu.

Kemudian, pengguna bisa membuka kunci layar iPhone dengan pemindaian wajah bila menggunakan Face ID atau pemindaian sidik jari jika memakai Touch ID.

Selain dari cara di atas, membuka kunci iPhone sebetulnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan perintah suara. Lantas, bagaimana cara membuka layar kunci iPhone dengan suara?

Untuk diketahui, iPhone sejatinya tidak dibekali dengan fitur sistem keamanan penguncian layar menggunakan deteksi suara. Seperti yang dijelaskan di atas, sistem penguncian layar iPhone hanya terdiri dari dua jenis, yakni via password dan Face ID atau Touch ID.

Namun, buka kunci iPhone dengan suara dimungkinkan lantaran terdapat fitur Voice Control. Melalui Voice Control, pengguna bisa membuat gerakan ketukan layar melalui perintah suara dengan kalimat tertentu.

Saat Voice Control aktif dan pengguna mengucap kalimat tertentu, bakal muncul gerakan ketukan otomatis pada bagian layar. Gerakan tersebut bisa diatur agar hanya mengetuk pada bagian layar untuk memasukan password layar kunci iPhone.

Misalnya, pengguna membuat password layar kunci iPhone dengan susunan “1234”. Gerakan dari perintah suara Voice Control bisa diatur untuk hanya mengetuk bagian tombol “1234” yang terdapat di layar kunci.

Sehingga, saat mengucap suara dengan kalimat tertentu, tombol “1234” di layar kunci bakal terketuk otomatis dan iPhone bisa terbuka. Gerakan ketukan sebagai hasil perintah suara itulah yang bisa dipakai untuk membuka layar kunci iPhone.

Bila tertarik untuk mencoba trik ini, berikut adalah penjelasan seputar cara buka kunci iPhone dengan suara, yang memanfaatkan fitur Kontrol Suara atau Voice Control.

Baca juga: Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

Cara buka kunci iPhone dengan suara

  • Buka menu “Pengaturan” atau “Settings” di iPhone.
  • Setelah itu, cari dan buka menu pengaturan “Aksesibilitas”.
  • Di menu pengaturan “Aksesibilitas”, klik opsi “Kontrol Suara”.
  • Aktifkan opsi “Kontrol Suara” dan pilih “Sesuaikan Perintah”.
  • Kemudian, pilih opsi “Buat Perintah Baru”.
    Ilustrasi cara buka kunci iPhone dengan suara.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara buka kunci iPhone dengan suara.
  • Masukkan kalimat yang hendak dipakai sebagai perintah suara.
  • Untuk diketahui, saat ini perintah suara belum mendukung kalimat berbahasa Indonesia. Jadi, solusinya bisa membuat kalimat dengan bahasa Inggris yang sederhana, misal “Halo” atau “Good Morning”.
  • Setelah membuat kalimat untuk perintah suara, salakan untuk mengatur atur output tindakan atau gerakannya dengan klik opsi “Tindakan” dan pilih “Jalankan gerakan khusus”.
  • Selanjutnya, bakal muncul halaman untuk membuat gerakan ketukan. Silakan buat ketukan di halaman itu sesuai dengan posisi tombol password di layar kunci.
  • Bila telah selesai, silakan simpan pengaturan perintah suara dan output gerakannya tersebut.

Ilustrasi cara buka kunci iPhone dengan suara.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara buka kunci iPhone dengan suara.

Kini, pengguna bisa mulai menjajal untuk buka kunci iPhone dengan suara. Silakan ucapkan kalimat perintah yang telah diatur tadi pada saat papan pengetikan password muncul di layar kunci iPhone.

Setelah kalimat diucapkan, iPhone akan merespon dengan membuat gerakan ketukan di bagian layar sesuai lokasi tombol password. Alhasil, password bakal terisi otomatis dan layar iPhone pun terbuka.

Baca juga: Apa itu AirDrop di iPhone? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 15.5. Beda versi iOS, mungkin bakal beda pula letak opsinya. Demikianlah penjelasan seputar cara buka kunci iPhone dengan suara secara mudah, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com