Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Ultra Tab Meluncur, Tablet Tangguh dengan Stylus

Kompas.com - 08/08/2022, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Meski telah resmi mengundurkan diri dari pasar ponsel, LG ternyata masih membuat perangkat tablet Android baru, yaitu LG Ultra Tab. Informasi tentang tablet kelas menengah baru LG ini muncul di situs resmi LG yang berbasis di Korea Selatan.

Dalam situs tersebut, tercantum spesifikasi LG Ultra Tab ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. Chip tersebut memiliki delapan inti (octa-core) CPU Kyro 265 dengan clockspeed mencapai 2,4 Hz, dan GPU (pengolah grafis)  Adreno 610.

Rangkaian chip tadi dipadukan dengan RAM 4 GB jenis LPDDR4X dan memori internal sebesar 64 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas memori bisa diperluas menggunakan slot kartu microSD yang tersedia.

Baca juga: Alasan Kenapa Banyak Vendor Smartphone Bikin Tablet Android

Tablet LG Ultra Tab juga memiliki spesifikasi tangguh karena mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G.

Artinya, tablet ini sudah lolos 29 tes militer tingkat tinggi yang diklaim dapat tahan air, guncangan/getaran, cuaca ekstrem, tekanan tinggi/rendah, suhu panas/dingin, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi dari layar perangkat ini mengusung layar WUXGA+ IPS beresolusi 2000 x 1200 piksel. Bentang layar yang dimiliki seluas 10,35 inci dengan refresh rate 60 Hz. Sementara itu, rasio layarnya mempunyai perbandingan 5:3.

Dikutip KompasTekno dari GizChina, Senin (8/8/2022), LG Ultra Tab mendukung pena digital (stylus) Wacom AES 2.0, sehingga memungkinkan pengguna untuk menggambar ataupun membuat catatan khusus layaknya menulis tangan secara langsung di layar tablet.

Tampilan punggung tablet LG Ultra TabGS Marena Tampilan punggung tablet LG Ultra Tab
Dari segi tampilan, tablet ini memiliki desain konvensional, seperti kebanyakan tablet Android lainnya. Layar LG Ultra Tab juga memiliki bezel yang cukup tebal di seluruh sisinya dengan sudut membulat (rounded shape).

Sedangkan, di bagian punggung, tablet ini didesain dengan minimalis. Terdapat logo LG di atas kiri punggung, sejajar dengan kamera belakang yang diletakkan di ujung kanan. Bahan dari punggung tablet, jika dilihat dari gambar, dipoles dengan sentuhan doff dan mampu terhindar dari noda sidik jadi.

Baca juga: Mengenal Tablet Android Kubik Genta 10 Buatan Pemuda Asal Garut

Di sektor fotografinya sendiri, LG Ultra Tab memiliki dua kamera, yakni satu kamera depan (selfie) beresolusi 5 MP, dan satu kamera belakang dengan resolusi 8 MP disertai fitur autofocus.

Dengan dimensi 247,6 x 157,3 x 7,1 mm dan bobot 458 gram, LG Ultra Tab ditopang dengan baterai berkapasitas 7.040mAH dan didukung dengan teknologi fast charging 25 watt.

Perangkat tablet tersebut menjalankan sistem operasi Android 12, tetapi informasi terkait versi tampilan antarmuka yang dipakai tablet tidak dipaparkan lebih lanjut.

Fitur lain yang didukung LG Ultra Tab terdiri dari quad speaker, Wi-Fi 802.11 ac, Bluetooth 5.1, dan port USB-C.

Tablet LG Ultra TabLG Tablet LG Ultra Tab
Harga LG Ultra Tab

LG Ultra Tab dirilis di pasar Korea Selatan, dengan banderol harga 512.800 won atau setara Rp 5,87 juta (mengikuti kurs hari ini). Varian warna yang dimiliki tablet LG Ultra Tab hanya ada satu, yakni Charcoal Grey.

LG diketahui memiliki lini tablet LG G Pad, yang pertama dirilis sejak 2011 lalu. Namun, tak banyak seri tablet yang dirilis LG, hingga kini perusahaan mengumumkan kehadiran Ultra Tab.

Seperti yang diinformasikan di atas, perangkat ini baru hadir di pasar Korea Selatan saja. Masih belum diketahui apakah tablet ini akan diluncurkan di negara lain atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com