WhatsApp Siapkan Fitur Keamanan yang Lebih Kuat untuk Cegah Peretasan?

Kompas.com - 08/08/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp disinyalir tengah menyiapkan fitur lapisan keamanan baru bernama "Login Approval".

Sesuai namanya, fitur ini adalah prompt (semacam petunjuk perintah) berupa jendela persetujuan untuk masuk ke akun pengguna ketika berpindah atau migrasi ke perangkat baru. Tujuannya supaya akun tidak mudah diretas alias di-hack.

Keberadaan fitur baru Login Approval ini pertama kali diungkap oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberi bocoran akurat soal calon fitur-fitur baru WhatsApp.

Baca juga: 3 Fitur Baru Whatsapp untuk Voice Note, Sudah Coba?

Nantinya, ketika ingin memindahkan akun WhatsApp ke ponsel baru, jendela Login Approval bakal muncul di ponsel lama pengguna.

Fitur baru lapisan keamanan WhatsApp berupa prompt Login Approval.WABetaInfo Fitur baru lapisan keamanan WhatsApp berupa prompt Login Approval.
Dalam tangkapan layar yang disertakan WABetaInfo, prompt Login Approval bakal berisi informasi seperti nama perangkat baru meminta persetujuan login, hingga penunjuk  waktu permintaan login.

Pengguna diberikan dua opsi. Pertama "allow" (izinkan) untuk menyetujui permintaan login akun WhatsApp di perangkat baru.

Atau opsi kedua adalah "do not allow" (jangan izinkan) untuk menolak permintaan login.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Lihat Daftar Orang yang Keluar dari Grup

Ketika memilih opsi "allow" login di perangkat baru, maka akun WhatsApp pengguna di ponsel lama akan otomatis dipindahkan ke HP baru. Sehingga akun di perangkat lama tidak lagi bisa diakses.

Fitur prompt Login Approval ini juga bisa menjadi penanda, jika ada orang jahat mencoba meretas akun dengan login ke akun pengguna di perangkat lain.

Baca juga: Admin WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Anggota Grup

Bila merasa tak melakukam login di perangkat baru, pengguna bisa langsung menolak persetujuan login dengan mengeklik "do not allow" agar akun tetap aman.

Halaman:
Sumber WABetaInfo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.