Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Lipat Pertama Samsung Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 09/08/2022, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Samsung memiliki dua perangkat layar lipat andalan, yakni Galaxy Z Fold dan Z Flip series. Tampaknya, smartphone layar lipat saja belum cukup bagi Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu kabarnya menyiapkan tablet lipat alias foldable tablet pertama mereka.

Kabar ini pertama kali beredar di blog berbahasa Korea, Naver dan diunggah oleh seorang blogger bernama Ianzuk.

Menurut informasi di blog tersebut, tablet lipat pertama Samsung akan dirilis tahun depan, bebarengan dengan peluncuran tablet flagship Galaxy Tab S9 series. Galaxy Tab S9 series diperkirakan akan dirilis antara bulan Januari-Februari 2023 mendatang.

Baca juga: Penamaan Samsung Galaxy Fold dan Flip Bakal Berubah?

Sayangnya, belum banyak informasi tentang tablet lipat Samsung ini. Termasuk soal nama tabletnya.

Melansir Slash Gear, Selasa (9/8/2022), tidak menutup kemungkinan Samsung akan memberi nama tablet lipat pertamanya dengan "Galaxy Z Tab" atay "Tab Z", sebagimana perusahaan itu memberi nama untuk ponsel lipat mereka.

Dipatenkan sejak 2013

Peta jalan Samsung untuk perangkat lipat sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Untuk tablet lipat saja, Samsung sudah mematenkannya sejak tahun 2013 lalu.

Baca juga: Samsung Patenkan Tablet Lipat

Salah satu paten didaftarkan di Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) dengan nomor US D696.693 S. Dalam paten itu, tablet digambarkan bisa dilipat layaknya sebuah buku atau mirip dengan mekanisme lipatan Galaxy Z Fold.

Gambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten SamsungSamsung Gambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten Samsung

Artinya, tablet bisa dibentangkan untuk membuka layar utama, dan bisa ditekuk ke setengah ukuran. Namun, dalam desain di paten itu, tidak tampak engsel, sebagaimana di Galaxy Z Fold.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Samsung Bakal Semakin Murah?

Belum diketahui apakah nantinya mekanisme lipatan foldable tablet Samsung akan serupa dengan paten itu atau tidak. Sebab, saat ini belum ada informasi apapun mengenai model tablet maupun spesifikasinya.

Tidak cuma tablet, Samsung memang memiliki beberapa paten lain untuk layar lipat, seperti lipatan vertikal, lipatan menyerupai huruf “S” atau “G”, hingga layar yang dapat digulung.

Baca juga: Samsung Patenkan 3 Desain HP Layar Gulung, Begini Bentuknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com