WhatsApp Perpanjang Batasan Waktu Hapus Pesan untuk Semua

Kompas.com - 09/08/2022, 09:35 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp memperpanjang batas waktu menghapus pesan terkirim menggunakan fitur "delete for everyone" atau "hapus untuk semua". Kini, durasi delete for everyone menjadi 60 jam atau 2 hari 12 jam (2,5 hari).

Dengan begitu, pengguna kini memiliki waktu yang lebih lama untuk meng-unsend pesan atau hapus untuk semua, yang sudah terlanjur dikirimnya, baik di ruang obrolan personal maupun grup.

Sebelumnya, opsi WhatsApp hapus untuk semua atau delete for everyone hanya bisa digunakan dalam batas waktu yang cukup singkat, yaitu 4.096 detik atau 1 jam 8 menit 16 detik saja.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Lihat Daftar Orang yang Keluar dari Grup

Kehadiran fitur baru delete for everyone dengan durasi lebih lama ini diumumkan langsung oleh WhatsApp melalui twit di akun resminya dengan handle @WhatsApp, hari ini, Selasa (9/8/2022).

"Berpikir untuk mengubah pesan Anda? Sekarang Anda akan memiliki 2 hari lebih untuk menghapus pesan Anda dari obrolan Anda setelah Anda menekan kirim," twit @WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, fitur baru delete for everyone dengan durasi 60 jam ini sudah bisa dinikmati pengguna WhatsApp, termasuk yang ada di Indonesia.

Fitur baru ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.22.16.75 di ponsel Android.

Untuk bisa meng-unsend pesan yang terkirim 2,5 hari yang lalu, pengguna hanya perlu melakukan hapus chat seperti biasa. Pertama, klik dan tahan (click and hold) pesan yang ingin dihapus. Lalu, klik ikon tempat sampah.

Nantinya akan muncul opsi "delete for me" dan "delete for everyone". Pilih opsi "delete for everyone" agar pesan yang dipilih tadi ikut terhapus dari ponsel penerima.

Baca juga: Admin WhatsApp Bakal Bisa Hapus Pesan Anggota Grup

Setelah dihapus, penerima pesan hanya akan melihat notifikasi berbunyi "this message was deleted" atau "pesan ini telah dihapus".

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.