Google Down Pagi Ini akibat Ledakan Listrik di Data Center

Kompas.com - 09/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Google baik di Indonesia maupun mancanegara mengeluhkan layanan Google down atau tumbang pagi hari ini, Selasa (9/8/2022). Di Indonesia, Google down dirasakan sekitar pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB.

Pantauan KompasTekno dari situs Downdetector, laporan tumbangnya layanan Google Search mulai muncul pada pukul 08.16 WIB dan memuncak pada pukul 08.31 WIB dengan total 397 laporan pada waktu tersebut.

Laporan Google down masih muncul, meskipun jumlah dan dampaknya kian mereda. Ketika mengakses tautan google.com, pengguna hanya mendapati tampilan yang memuat keterangan berbunyi "Terdapat kesalahan.

Baca juga: Google Resmi Buka Cloud Region Jakarta, Pertama di Indonesia

Server mengalami eror dan tidak dapat menangani permintaan Anda. Jika masalah ini berlanjut, laporkan masalah Anda dan cantumkan pesan ini serta penyebabnya."

Penyebab Google down hari ini

Penyebab layanan Google Search donwn atau tumbang hari ini belakangan dilaporkan karena adanya ledakan instalasi kelistrikan di data center Google, yang berlokasi di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat.

Insiden ledakan di fasilitas data center Google itu berlangsung pada pukul 23.59 waktu AS. Menurut kepolisian setempat, tiga petugas listrik terluka dan dibawa ke rumah sakit akibat ledakan tersebut.

Baca juga: Telkom Akan Bangun Data Center di IKN

Ketiganya saat itu sedang bekerja di gardu induk listrik yang lokasinya berdekatan dengan gedung data center Google. Ledakan di fasilitas pusat data Google itu menyebabkan ketiganya mengalami luka bakar.

Dihimpun KompasTekno dari SFGATE, satu orang korban dibawa dengan helikopter ke Nebraska Medical Center, sementara dua korban lainnya dilarikan dengan ambulans.

Meski mengalami luka bakar, ketiga petugas listrik yang menjadi korban itu kabarnya dalam keadaan sadar dan sedang mendapat perawatan medis.

Google sendiri sudah mengetahui insiden ini dan berkata pihaknya berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk mendapat kabar lebih lanjut.

Halaman:
Sumber SFGATE


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.