Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Sembunyikan Nomor Telepon di Grup?

Kompas.com - 10/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp tampaknya semakin serius soal privasi penggunanya. Beberapa fitur yang dirilis belakangan, fokus untuk melindungi privasi pengguna.

Fitur privasi lain kabarnya juga tengah disiapkan WhatsApp. Kabarnya, aplikasi perpesanan besutan Meta ini tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan nomor ponselnya dari pengguna lainnya pada sebuah sub-grup.

Fitur ini kabarnya sedang dikembangkan dan terlihat pada aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android.

Baca juga: Resmi, Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Keluar Grup Diam-diam

Sub-grup sendiri merupakan fitur yang cukup baru di WhatsApp. Fitur ini seperti grup kecil yang tetap terhubung pada satu grup besar. Namun, ada kemungkinan bahwa tidak semua orang akrab dengan anggota sub-grup masing-masing.

Untuk itu, WhatsApp akan menghadirkan fitur yang bisa menyembunyikan nomor telepon pengguna dari anggota lain pada sub-grup yang sama.

Pengaturan default dari fitur ini akan menyembunyikan nomor pengguna, seperti pada gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, berikut ini.

Baca juga: WhatsApp Umumkan Fitur Komunitas, Kapan Meluncur?

Fitur berbagi nomor telepon WhatsAppwa Fitur berbagi nomor telepon WhatsApp

Jadi, pengguna tidak perlu mengubahnya secara manual, kecuali jika bersedia membagikan rincian nomor telepon ke anggota lainnya. Pengguna bisa mengaktifkan fitur "Berbagi nomor telepon" pada pengaturan grup WhatsApp.

Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (10/8/2022), fitur ini masih terbatas untuk grup WhatsApp saja. Dengan kata lain, nomor telepon pengguna tidak bisa disembunyikan dari pengguna WhatsApp (personal) lainnya.

Fitur ini juga masih dalam tahap uji coba untuk pengguna WhatsApp beta Android versi 2.22.17.23. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia dalam versi stabil atau kapan disebarkan ke semua pengguna.

Baca juga: Status Online WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

Fitur pelapis keamanan

Selain fitur untuk menyembunyikan nomor telepon dari member sub-grup, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang berfungsi untuk melapisi sistem keamanan verifikasi dua langkah atau 2FA.

Halaman:
Sumber WABetaInfo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.