Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri atau “Ghost Touch”

Kompas.com - Diperbarui 28/01/2023, 11:33 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu masalah pada layar HP (handphone) saat adalah mengeluarkan gerakan sendiri tanpa disentuh atau biasa disebut juga dengan “Ghost Touch”. Sebagian dari Anda mungkin pernah menjumpai masalah layar HP gerak sendiri.

Sebagai pusat navigasi, layar touchscreen ini memiliki peran yang sangat vital dan saat terjadi masalah pada layar tersebut, pengoperasian dan navigasi HP bakal terganggu.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Masalah layar bergerak sendiri tanpa disentuh juga kerap terjadi. Lantas, kenapa layar HP gerak sendiri?

Perlu diketahui, penyebab layar HP Ghost Touch tidak selalu bersumber dari kerusakan internal hardware. Masalah tersebut bisa juga disebabkan karena beberapa faktor eksternal, begini penjelasan lengkapnya.

Penyebab layar HP Ghost Touch

1. Terdapat cairan atau debu

Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat sensitivitas sentuhannya terganggu. Alhasil, gerakan layar bisa tidak sesuai dengan arah semestinya. Bahkan, layar HP bisa gerak sendiri.

2. Menggunakan charger KW

Penyebab layar HP Ghost Touch yang berikutnya adalah akibat penggunaan charger KW alias abal-abal. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya tersebut bisa mengganggu sensitivitas sentuhan layar.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Bug pada aplikasi

Aplikasi yang terinstal di HP tidak selamanya dapat dijalankan dengan lancar, kadang bisa juga terdapat sejumlah bug. Saat menjalankan aplikasi yang terdapat bug, beberapa fungsi dari HP mungkin bakal terganggu, termasuk pada sensitivitas layarnya.

4. Penggunaan screen guard

Screen guard di satu sisi berguna untuk memberikan perlindungan tambahan pada layar. Namun, di sisi lain, penggunaan screen guard kadang kala dapat mengganggu sensitivitas layar lantaran terdapat debu-debu yang terselip.

Dengan beberapa penyebab di atas, lalu bagaimana cara memperbaiki layar HP yang gerak sendiri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi layar HP gerak sendiri, sebagaimana dilansir Nextpit.

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri

  1. Bersihkan layar HP dari cairan atau debu yang menempel, dengan menggunakan kain berbahan lembut.
  2. Hentikan pengisian daya pada HP dengan menggunakan charger KW. Coba ganti charger KW dengan yang orisinal.
  3. Tutup secara penuh aplikasi yang terindikasi terdapat bug. Bila terdapat versi aplikasi terbaru, silakan lakukan update. Pembaruan versi aplikasi kadang membawa sejumlah perbaikan bug.
  4. Lepas screen guard yang menempel di layar HP. Setelah dilepas, coba bersihkan layar HP tersebut menggunakan kain berbahan lembut.

Baca juga: Kenapa Pengisian Daya Ponsel Lambat? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bila dengan cara di atas layar HP gerak sendiri tetap tidak dapat teratasi maka kemungkinan besar terjadi kerusakan di internal hardware. Untuk mendapat penanganan lebih lanjut, segera kunjungi tempat servis terdekat.

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi layar HP gerak sendiri, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com