4 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri atau “Ghost Touch”

Kompas.com - 10/08/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com- Layar pada HP (handphone) saat ini yang kebanyakan berjenis touchscreen, memiliki peran yang cukup vital. Saat terjadi masalah pada layar tersebut, pengoperasian dan navigasi HP bakal terganggu.

Di antara beberapa kasus, masalah yang cukup sering terjadi pada layar HP adalah mengeluarkan gerakan sendiri tanpa disentuh atau biasa disebut juga dengan “Ghost Touch”. Sebagian dari Anda mungkin pernah menjumpai masalah layar HP gerak sendiri.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Lantas, kenapa layar HP gerak sendiri? Perlu diketahui, penyebab layar HP Ghost Touch tidak selalu bersumber dari kerusakan internal hardware. Masalah tersebut bisa juga disebabkan karena beberapa faktor eksternal, begini penjelasan lengkapnya.

Penyebab layar HP Ghost Touch

1. Terdapat cairan atau debu

Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat sensitivitas sentuhannya terganggu. Alhasil, gerakan layar bisa tidak sesuai dengan arah semestinya. Bahkan, layar HP bisa gerak sendiri.

2. Menggunakan charger KW

Penyebab layar HP Ghost Touch yang berikutnya adalah akibat penggunaan charger KW alias abal-abal. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya tersebut bisa mengganggu sensitivitas sentuhan layar.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

3. Bug pada aplikasi

Aplikasi yang terinstal di HP tidak selamanya dapat dijalankan dengan lancar, kadang bisa juga terdapat sejumlah bug. Saat menjalankan aplikasi yang terdapat bug, beberapa fungsi dari HP mungkin bakal terganggu, termasuk pada sensitivitas layarnya.

4. Penggunaan screen guard

Screen guard di satu sisi berguna untuk memberikan perlindungan tambahan pada layar. Namun, di sisi lain, penggunaan screen guard kadang kala dapat mengganggu sensitivitas layar lantaran terdapat debu-debu yang terselip.

Dengan beberapa penyebab di atas, lalu bagaimana cara memperbaiki layar HP yang gerak sendiri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi layar HP gerak sendiri, sebagaimana dilansir Nextpit.

Cara mengatasi layar HP gerak sendiri

  1. Bersihkan layar HP dari cairan atau debu yang menempel, dengan menggunakan kain berbahan lembut.
  2. Hentikan pengisian daya pada HP dengan menggunakan charger KW. Coba ganti charger KW dengan yang orisinal.
  3. Tutup secara penuh aplikasi yang terindikasi terdapat bug. Bila terdapat versi aplikasi terbaru, silakan lakukan update. Pembaruan versi aplikasi kadang membawa sejumlah perbaikan bug.
  4. Lepas screen guard yang menempel di layar HP. Setelah dilepas, coba bersihkan layar HP tersebut menggunakan kain berbahan lembut.

Baca juga: Kenapa Pengisian Daya Ponsel Lambat? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bila dengan cara di atas layar HP gerak sendiri tetap tidak dapat teratasi maka kemungkinan besar terjadi kerusakan di internal hardware. Untuk mendapat penanganan lebih lanjut, segera kunjungi tempat servis terdekat.

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi layar HP gerak sendiri, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.