Kompas.com - 10/08/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Layanan pesan instan Telegram memiliki fitur grup yang dapat menampung banyak pengguna. Di dalam grup ini pengguna bisa saling berinteraksi untuk mendapatkan informasi tertentu. 

Pengguna yang bergabung dalam grup di Telegram umumnya terdiri dari orang-orang yang memiliki ketertarikan pada sebuah topik yang serupa.

Nah, grup di Telegram bisa ditemukan dengan mudah melalui kolom pencarian. Biasanya, grup di Telegram juga dibuat secara terbuka agar pengguna bisa leluasa bergabung.

Baca juga: Telegram Sudah Terdaftar di Halaman PSE Kominfo

Cara mencari dan bergabung ke dalam grup di Telegram dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna hanya perlu mencari grup yang diinginkan melalui kolom pencarian atau bergabung lewat link yang dibagikan oleh orang lain.

Nah, untuk mengetahui cara mencari dan bergabung ke dalam grup di Telegram, silakan simak langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Rabu (10/8/2022).

Cara mencari dan gabunb grup Telegram

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Tekan ikon "kaca pembesar" di pojok kanan atas aplikasi.
  • Masukkan kata kunci nama grup yang hendak dicari.
  • Pilih grup yang diinginkan.
  • Terakhir, tekan tombol "Join" untuk segera bergabung ke dalam grup.

Cara bergabung ke dalam grup privat di Telegram

Tidak semua grup yang ada di Telegram dapat muncul di kolom pencarian. Terdapat sejumlah grup yang bersifat tertutup atau privat, dan pengguna hanya dapat bergabung apabila diundang oleh anggota grup yang sudah ada.

Baca juga: Telegram Kini Punya 700 Juta Pengguna dan Jadi Layanan Chat Pertama Berbayar

Apabila hendak bergabung, pengguna harus mengeklik link yang diberikan oleh anggota grup tersebut. Setelah mengeklik link tersebut, pengguna akan dialihkan langsung ke grup yang dimaksud.

Untuk bergabung ke dalam grup, cukup tekan tombol "Join" yang terletak di bagian bawah aplikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.