Update Baru Spotify Bikin Halaman Utama Lebih Rapi

Kompas.com - 10/08/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Platform musik alir (streaming) Spotify meluncurkan tampilan beranda (home) yang baru kepada penggunanya, Selasa (9/8/2022). Pembaruan tersebut memungkinkan pengguna melihat rekomendasi musik dan podcast di dua laman yang berbeda.

Bagi yang belum familiar, tampilan Home di Spotify selama ini menggabung seluruh rekomendasi dan riwayat musik dan podcast, yang sebelumnya sudah didengar secara bersamaan. Sehingga tampilan versi lama, terlihat “berantakan”.

Nah, adanya pembaruan, pengguna bakal lebih dipermudah untuk mencari musik dan siniar (podcast) yang ingin didengar. Pengguna akan melihat ikon baru bertuliskan “Music” dan “Podcast & Shows” tepat di bawah tulisan sapaan Spotify, seperti “Good Morning”.

Baca juga: Spotify Pisah Tombol Play dan Shuffle di Versi Mobile, tapi Ada Syaratnya

“Perubahan tampilan akan menciptakan pengalaman yang lebih dipersonalisasi, sambil memungkinkan pendengar mencari lebih dalam rekomendasi yang diinginkan pendengar,” tulis Spotify dalam blog resminya, Selasa (9/8/2022).

Untuk mencoba tampilan baru ini, pengguna bisa mengetuk ikon “Music” di laman Home. Lalu, pengguna akan melihat tampilan feeds berubah menjadi rekomendasi album, playlist, dan lagu-lagu terbaru.

Tampilan fitur baru SpotifySpotify Tampilan fitur baru Spotify

Di laman yang sama, Spotify juga menyertakan beberapa ikon untuk mempermudah pengguna memutar lagu, menambahkan lagu ke album, like, dan berbagi musik yang disuka.

Sebaliknya, jika pengguna ingin pindah ke laman podcast, pengguna tinggal mengetuk tanda silang di pojok kiri untuk kembali ke menu utama, dan mengetuk kembali ikon dari “Podcast & Shows”.

Di sana, pengguna akan melihat rekomendasi dan riwayat podcast yang sudah didengar sebelumnya. Sama dengan laman “Music”, akan muncul beberapa ikon untuk mempermudah pengguna memutar podcast, like, dan membagikan podcast yang ingin di dengar ke platform lain.

Baca juga: Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Namun, perbedaannya terletak pada penambahan deskripsi singkat dari podcast yang ingin didengar. Pengguna juga diperbolehkan untuk menyimpan episode yang disuka, atau memutar podcast secara langsung tanpa harus keluar dari laman “Podcast & Shows”. Sehingga semua hal bisa dilakukan di satu tempat saja.

Peluncuran fitur ini sudah digulirkan terlebih dahulu kepada pengguna Android dan segera akan diluncurkan ke pengguna iOS. Namun, pantauan KompasTekno dari aplikasi Spotify versi Android, update ini masih belum tampak, kemungkinan akan dirilis secara bertahap.

Pengumuman yang diberikan Spotify tidak mencantumkan syarat-syarat tertentu, seperti hanya diperuntukkan untuk pendengar berbayar saja. Oleh karena itu, jika tampilan ini sudah digulirkan secara merata, seharusnya seluruh pengguna biasa ataupun berbayar bisa menikmati tampilan baru tersebut.

Dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (10/8/2022), upaya perubahan tampilan ini dilakukan Spotify untuk meningkatkan lebih banyak rekomendasi konten kepada pengguna, sekaligus ingin mengurangi “kekacauan” di laman berandanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.