3 Fitur Baru WhatsApp yang Meluncur Agustus Ini

Kompas.com - 10/08/2022, 19:04 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp memperkenalkan tak hanya satu, melainkan tiga fitur baru sekaligus di platformnya. Ketiga fitur tersebut dirilis untuk meningkatkan privasi para pengguna WA.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (10/8/2022), ketiga fitur tersebut meliputi kemampuan untuk menyembunyikan status online, memblokir tangkapan layar (screenshot) pada pesan sekali lihat (View Once), dan keluar dari grup secara diam-diam.

WhatsApp memastikan bahwa fitur untuk menyembunyikan status online dan keluar dari grup secara diam-diam bakal digulirkan ke pengguna pada bulan Agustus ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari ketiga fitur privasi baru WhatsApp.

1. Sembunyikan status online dari kontak tertentu

Ilustrasi status online di WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi status online di WhatsApp.
Fitur privasi pertama yang bakal dirilis WhatsApp dalam waktu dekat adalah kemampuan untuk menyembunyikan status "online" untuk kontak tertentu.

Baca juga: Cara Ganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

Dengan fitur ini, pengguna memiliki kontrol untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja. Terutama bagi pengguna yang tidak ingin orang-orang tertentu tahu kapan dirinya sedang aktif di WhatsApp.

Perlu dicatat, pengaturan untuk menyembunyikan status online ini berlaku dua arah. Artinya, bila pengguna menyembunyikan status online miliknya, maka pengguna juga tidak dapat melihat status online milik pengguna lain.

Nantinya, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp bakal tersedia di menu "Privasi". Cara mengaksesnya sebagai berikut:

  • Buka Settings (setelan)
  • Klik Account (akun)
  • Pilih Privacy (privasi)
  • Lalu, muncul pengaturan last seen & online (terakhir dilihat dan online)

Pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online miliknya di sub-menu "who can see when I’m online". Ada dua pilihan yang tersedia.

Pertama, yaitu “Everyone” bila semua pengguna dalam kontak ataupun penggunua yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.