Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Watch 3 dan 3 Pro Meluncur, Pertama dengan Snapdragon W5 Gen 1

Kompas.com - 11/08/2022, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan sejumlah produk baru termasuk smartphone lipat hingga smartwatch dalam ajang Galaxy Unpacked. Seolah tak ingin terlewatkan, Oppo dalam waktu berdekatan juga meluncukan smartwatch Oppo Watch 3 series di China.

Arloji pintar Oppo itu hadir dalam dua model, meliputi Oppo Watch 3 "reguler" dan Oppo Watch 3 Pro. Secara umum spesifikasi teknis keduanya terbilang sama. Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, kedua perangkat wearable ini ditenagai oleh chipset Snapdragon W5 Gen 1.

Oppo Watch 3 series bahkan menjadi smartwatch pertama yang menggunakan chipset tersebut. Selain itu, keduanya juga diperkuat dengan chip Apollo 4 Plus bikinan Oppo, yang dapat mengaggantikan tugas sederhana Snapdragon W5 Gen 1, ketika daya komputasi rendah diperlukan.

Baca juga: Oppo Watch Free Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Snapdragon W5 Gen 1 pada Oppo Watch 3 series dipasangkan dengan RAM 1 GB dan penyimpanan 32 GB. Menariknya, kedua smartwatch ini juga berjalan dengan sistem operasi (OS) ganda, yaitu ColorOS Watch yang didasarkan pada Wear OS dan RTOS.

Selain dapur pacunya, perbedaan spesifikasi Oppo Watch 3 series terletak pada aspek layar, baterai dan warna perangkat. Adapun desainnya masih sama seperti pendahulunya yaitu Oppo Watch 2, dengan layar berbentuk persegi.

Oppo Watch 3Oppo Oppo Watch 3

Fitur pendukung lainnya yang ditawarkan keduanya juga sama, meliputi dukungan 100 mode olahraga, 150 watch face, akselerometer, gyroscope, sensor geomagnetik, monitor detak jantung, sensor pengukur oksigen dalam darah, sensor EKG, sensor cahaya hingga sensor tekanan udara.

Oppo Watch 3

Oppo Watch 3 tampil dengan layar AMOLED 1,75 inci yang dilapisi kaca 3D dan memiliki resolusi layar 372 x 430 piksel serta kerapatan piksel 326 ppi. Arloji pintar ini juga dibingkai dengan material aluminium serta casing fiberglass.

Baca juga: Qualcomm RIlis Chip Snapdragon W5 Gen 1 dan W5 Plus Gen 1 untuk Smartwatch dkk

Pada aspek baterai, Oppo Watch 3 dibekali daya berkapasitas 400 mAh yang diklaim dapat diisi ulang dalam 60 menit dan bertahan selama empat hari.

Fitur lainnya yang turut menyertai Oppo Watch 3 yaitu Bluetooth 5.0, dukungan eSIM, sertifikasi ketahanan air 5ATM, serta GPS.

Oppo Watch 3 Pro

Oppo Watch 3 Pro hadir dengan layar yang lebih luas yaitu AMOLED LPTO 1,91 inci dan resolusi 378 x 496 piksel serta kerapatan piksel 326 ppi. Perangkat ini disebut-sebut sebagai wearable pertama yang menawarkan layar LTPO atau layar melengkung.

Lain dengan varian reguler, Oppo Watch 3 Pro juga tampil dengan tombol crown atau tombol fisik untuk menavigasi menu.

Oppo Watch 3 ProOppo Oppo Watch 3 Pro

Baterai pada varian Pro juga lebih besar, yaitu 550 mAh yang diklaim dapat bertahan sampai 5 hari atau 4 hari ketika LTE diaktifkan dan hingga 15 hari dalam mode ringan. Adapun pengisian ulang baterainya sampai penuh menghabiskan durasi 65 menit.

Harga Oppo Watch 3 Pro dan Oppo Watch 3

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (11/8/2022), Oppo Watch 3 tersedia dalam warna Platinum Black dan Feather Gold dengan bobot 31,9 gram tanpa strap. Sementara Oppo Watch 3 Pro hadir dalam warna Platinum Black dan Desert Brown dengan bobot tanpa strap adalah 37,5 gram.

Oppo Watch 3 series mulai dijual di China pada 19 Agustus mendatang. Berikut rincian harganya:

  • Oppo Watch 3 Pro - mulai 1.899 yuan (Rp 4,1 juta)
  • Oppo Watch 3 - mulai 1.499 yuan (Rp 3,2 juta)

Belum diketahui apakah arloji pintar ini akan diboyong ke pasar lainnya termasuk Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com