Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Suksesor ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 3, yaitu Galaxy Z Flip 4 baru saja diperkenalkan dalam sebuah acara peluncuran virtual yang digelar pada Rabu (10/8/2022) malam WIB.

Selai acara online, Samsung juga mengadakan acara fisik (offline) untuk mengundang awak media dari berbagai penjuru dunia hadir dan merasakan pengalaman pertama menjajal Galaxy Z Flip 4.

KompasTekno menjadi salah satu media yang diundang ke ajang bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" yang digelar di sebuah venue di kota New York, Amerika Serikat (AS) di hari Rabu pagi waktu setempat tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 di Indonesia Semua Model

Lalu, bagaimana penampakan Samsung Galaxy Z Flip 4 dan apa saja perbedaannya apabila dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy Z Flip 3?

Samsung Galaxy Z Flip 4 ketika dilipat 90 derajat. Dalam posisi ini, ponsel berada di dalam mode Flex Mode dan sejumlah aplikasi yang mendukung Flex Mode tampilannnya akan dibagi dua. KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Flip 4 ketika dilipat 90 derajat. Dalam posisi ini, ponsel berada di dalam mode Flex Mode dan sejumlah aplikasi yang mendukung Flex Mode tampilannnya akan dibagi dua.

Sama seperti Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold 4, desain Galaxy Z Flip 3 sekilas sama persis dengan Galaxy Z Flip 4. Pada aspek layar, misalnya, kedua ponsel tersebut sama-sama mengadopsi panel Dyamic AMOLED 2X yang memiliki ukuran 6,7 inci.

Ada pula layar sekunder (Cover Screen) mungil Super AMOLED berukuran 1,9 inci yang bisa dipakai ketika ponsel sedang dalam keadaan dilipat.

Namun jika dilihat seksama, bezel di sekeliling layar Samsung Galaxy Z Flip 4 sejatinya lebih tipis dibanding Galaxy Z Flip 3.

Baca juga: Video: Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 di Jakarta

Ketika layarnya dibentangkan, Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki dimensi 165,2 x 71,9 x 6,9 mm, sedikit lebih pendek dibanding Galaxy Z Fold 3 dengan dimensi 166 x 72,2 x 6,9 mm.

Lalu ketika dilipat, Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki dimensi 84,9 x 71,9 x 17,1 mm, sedikit lebih kecil dibanding Galaxy Z Fold 3 dengan dimensi 86,4 x 72,2 x 17,1 mm. 

Samsung Galaxy Z Flip 3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). Bisa dilihat, dimesi ketebalan engsel Galaxy Z Fold 3 lebih tebal dibanding Galaxy Z Fold 4. Karena engselnya lebih kecil, Samsung bisa menanamkan baterai yang lebih besar di Galaxy Z Fold 4 yang mencapai 3.700 mAh.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Flip 3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). Bisa dilihat, dimesi ketebalan engsel Galaxy Z Fold 3 lebih tebal dibanding Galaxy Z Fold 4. Karena engselnya lebih kecil, Samsung bisa menanamkan baterai yang lebih besar di Galaxy Z Fold 4 yang mencapai 3.700 mAh.

Dimensi yang lebih kecil ini turut memangkas lebar bezel di sekeliling layar Galaxy Z Flip 4 sekitar 0,3 mm. Dengan begitu, rasio layar ke bodi ponsel tersebut kini diklaim mencapai 85,4 persen, lebih besar dari Galaxy Z Fold 3 dengan 84,7 persen.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia, Sama dengan Z Fold 3

Selain dimensi tinggi lebih kecil dan bezel-nya lebih tipis, bagian depan dan belakang Galaxy Z Flip 4 juga kini diklaim lebih kokoh lantaran dilapisi dengan pelindung kaca Gorilla Glass Victus Plus, yang diklaim lebih tangguh dari Gorilla Glass Victus "reguler".

Beralih ke bagian engsel alias hinge, dimensi ketebalan engsel Samsung Galaxy Z Fold 4 lebih tipis dibanding Galaxy Z Fold 3, sebagaimana bisa dilihat di gambar di atas.

Menurut Samsung, engsel yang lebih tipis ini membuat baterai Samsung Galaxy Z Fold 4 bisa ditingkatkan menjadi 3.700 mAh, dari 3.300 mAh di Galaxy Z Fold 3.

Penasaran ingin melihat bagaimana penampakan seluruh sisi Galaxy Z Flip 4 dan perbedaannya dengan Galaxy Z Flip 3? Anda bisa melihatnya dalam galeri foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com