Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Ultra Bakal Punya Kamera 200 MP?

Kompas.com - 11/08/2022, 15:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung biasanya memperkenalkan lini ponsel flagship Galaxy S setiap awal tahun. Tahun 2023 mendatang, Samsung disinyalir bakal merilis Galaxy S23 series sebagai penerus Galaxy S22 series.

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 series pun sudah mulai bertebaran di internet. Salah satunya menyebutkan bahwa model teratas Galaxy S23 Ultra bakal dibekali kamera 200 MP.

Rumor ini pun diperkuat dengan temuan Ice Universe, pembocor gadget yang kerap memberi informasi dengan akurat melalui akun Twitter @UniverseIce.

Baca juga: Tradisi Exynos Bakal Berakhir di Samsung Galaxy S23?

"Sensor S23 Ultra 200MP adalah HP2 yang belum pernah dirilis, hampir 100 persen pasti," begitu twit @IceUniverse.

Bila informasi ini akurat, maka ini bakal menjadi salah satu peningkatan signifikan yang disematkan Samsung pada resolusi kamera lini Galaxy S Ultra.

Sebab, Samsung terakhir kali menyematkan peningkatan resolusi kamera pada lini Galaxy S saat meluncurkan Galaxy S20 series pada 2020.

Baca juga: Seperti Inilah Jeroan Kamera 108 MP dan Zoom 100X Galaxy S20 Ultra

Ketika itu, untuk pertama kalinya, Samsung membekali Galaxy S20 Ultra dengan kamera utama 108 MP. Resolusi tersebut jauh lebih tinggi ketimbang kamera utama pendahulunya, yaitu Galaxy S10 series (2019).

Sebelumnya, Galaxy S10 Plus sebagai varian paling tinggi hanya dibekali kamera utama beresolusi 16 MP saja.

Nah, sejak 2020, Samsung telah mewarisi kamera utama 108 MP tersebut pada ponsel Galaxy S varian Ultra generasi selanjutnya. Sebut saja seperti Galaxy S21 Ultra (2021) dan Galaxy S22 Ultra (2022).

Bila rumor ini akurat, maka Galaxy S23 Ultra tahun depan bakal menjadi ponsel pertama Samsung yang dibekali kamera utama 200 MP.

Baca juga: Tak Ada Samsung Galaxy S23 Series yang Pakai Chip Exynos?

Isocell HP2 bakal lebih canggih dari Isocell HP3?

Samsung sendiri sebenarnya telah mengumumkan sensor kamera terbaru bikinannya yang memiliki resolusi 200 MP pada Juni 2022. Sensor tersebut dinamakan Isocell HP3, suksesor dari Isocell HP1 yang diluncurkan perusahaan pada tahun 2021.

Meski mengusung resolusi yang tinggi hingga 200 MP, Isocell HP3 disebut menjadi sensor terkecil di industri. Sebab, sensor ini memiliki ukuran piksel sebesar 0,56 mikrometer (μm). Ukuran piksel tersebut juga lebih kecil dibanding Isocell HP1 yang memiliki piksel 0,64 mikrometer.

Baca juga: Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Tak hanya itu, Sensor terbaru Samsung ini juga hadir dengan teknologi baru yang disebut Epic Resolution Pro. Teknologi ini diklaim menawarkan resolusi tinggi kelas profesional pada smartphone. Untuk merekam video, Isocell HP3 mampu mendukung kualitas video hingga 8K pada 30 fps dan 4K pada 120 fps.

Isocell HP3 juga kini dibekali teknologi Tetra2pixel, yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu. Selama ini teknologi serupa sudah populer yaitu pixel binning, yang mampu menggabungkan empat piksel menjadi satu.

Dengan Tetra2pixel, sensor itu akan memungkinkan kamera menawarkan satu sensor piksel berukuran besar, sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning.

Baca juga: Samsung Umumkan Isocell HP1, Sensor Kamera 200 MP untuk Ponsel

Yang menarik, kamera utama 200 MP pada Samsung Galaxy S23 Ultra disebut-sebut tidak akan menggunakan sensor Isocell HP3, melainkan sensor Isocell HP2 yang belum diperkenalkan ke publik. 

Yang menarik, dalam twit terpisah, tipster @IceUniverse juga mengeklaim bahwa sensor Isocell HP2 beresolusi 200 MP tersebut lebih canggih dibanding sensor kamera Isocell HP1 dan HP3 yang sudah diumumkan oleh Samsung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (11/8/2022).

Namun, informasi soal sensor Isocell HP2 ini masih sangat minim. Pun, penyematan kamera 200 MP pada Galaxy S23 Ultra masih berupa rumor sehingga belum dapat dipastikan keakuratannya.

Baca juga: Xiaomi 12T Pro Bakal Pakai Sensor Kamera 200 MP Buatan Samsung?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com