Elon Musk Jual Saham Tesla Rp 101 Triliun Demi Twitter

Kompas.com - 11/08/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk kembali menjual saham perusahaan mobil listrik Tesla sebesar 7,92 juta lembar saham. Apabila diuangkan, jumlahnya setara dengan 6,88 miliar dollar AS atau sekitar Rp 101,7 triliun.

Berdasarkan dokumen pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), penjualan saham itu terjadi pasca-pertemuan tahunan para pemegang saham Tesla yang berlangsung pekan lalu. Transaksi terakhir tercatat dilakukan pada 5, 8, dan 9 Agustus 2022.

Bos Tesla dan SpaceX itu juga mengakui aksi penjualan saham tersebut. Musk berkata bahwa dirinya membutuhkan uang jika terpaksa mengakuisisi Twitter dan tidak dapat mengamankan sebagian saham Tesla.

Baca juga: Elon Musk Masih Mau Beli Twitter, tapi Ada Satu Syarat

"Ya. Terkait jika (semoga tidak) Twitter memaksa kesepakatan ini ditutup dan beberapa mitra ekuitas tidak berhasil," kata Elon Musk dikutip KompasTekno dari Twitter pribadinya ber-handle @elonmusk, Jumat (11/8/2022).

"Penting untuk menghindari penjualan darurat saham Tesla," imbuhnya.

Dalam "reply" (jawaban) ke warganet, Musk mengatakan apabila akuisisi Twitter batal terwujud, dia akan membeli saham Tesla lagi.

Baca juga: Masih Saling Serang, Twitter Tanggapi Gugatan Balik Elon Musk

Dituntut Twitter selesaikan akuisisi

Musk mengumumkan pembatalan akuisisi Twitter pada 8 Juli waktu AS. Alasannya karena Twitter dinilai melanggar perjanjian dan tidak transparan soal jumlah akun spam dan bot yang beredar di platformnya.

Setelah pengumuman itu, Twitter menggugat Elon Musk dan menuntut pria terkaya di dunia itu bertanggungjawab menyelesaikan akuisisi.

"Twitter melakukan tindakan ini untuk mencegah Musk dari pelanggaran lebih lanjut, untuk memaksa Musk memenuhi kewajiban hukumnya, dan untuk memaksa penyelesaian merger setelah memenuhi beberapa kondisi yang belum terselesaikan," tulis Twitter dalam gugatannya ke pengadilan Delaware.

Baca juga: Twitter Resmi Gugat Elon Musk ke Pengadilan

Musk kemudian menggugat balik Twitter di pengadilan yang sama. Sayangnya detail gugatannya masih dirahasiakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.