Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemu WiFi dan Sejarah Perkembangannya

Kompas.com - 11/08/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan WiFi saat ini tak dapat dipisahkan di kehidupan sehari-hari untuk mengakses jaringan internet. Teknologi satu ini juga sudah lebih mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah, sekolah, kantor, café, hingga kedai.

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti laptop dan ponsel untuk mengakses internet. Melalui WiFi kita dapat mengakses internet dengan mudah tanpa harus menghubungkan perangkat ke lewat kabel.

Melihat penggunaan WiFi yang masif saat ini tentu teknologi satu ini memiliki sejarah panjang. Mengulas perkembangan WiFi tentu tak menarik jika tidak menyinggung siapa penemu awalnya. Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai sejarah perkembangan WiFi.

Baca juga: Cara Membagikan Password Wifi di HP Android

Penemuan WiFi

Hedy Lamarr Kompas Hedy Lamarr

Siapa sangka teknologi satu ini ditemukan oleh artis populer holywood. Ia adalah Hedy Lamarr. Hedy Lamarr lahir pada tanggal 9 November tahun 1914. Lahir di Wina Austria dirinya tak hanya memiliki paras cantik memukau namun juga otak yang jenius.

Di sela-sela kesibukannya sebagai artis ia ternyata memiliki hobi meneliti. Menjadi artis Holywood yang populer juga justru menguntungkan dirinya dalam bidang penelitian.

Dari sini ia dapat memiliki akses untuk bersosialisasi dengan tokoh-tokoh penting seperti John F Kennedy dan Howard Hughes. Dari mereka ia mendapatkan peralatan penting untuk menjalankanh berbagai eksperimen yang dibuatnya.

Ternyata disamping memiliki paras yang cantik, wanita yang lahir di Wina Austria ini juga dianggap mempunyai otak yang sangat jenius.

Hal ini terbukti di tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia yang memakai frekuensi radio dalam bertukar data.

Produk tersebut dianggap menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat dan penting di dalam teknologi komunikasi. Dia mengembangkan kontribusinya pada sejarah WiFi bersama dengan komposer avant garde George Antheil.

Pertemuan ini membuat Lamarr ingin mengajak George untuk membantunya dalam membuat alat yang dapat membantu dlam sinkronsisasi. Dari proyek musik, komposer Antheil memiliki pengalaman luas dengan sinkronisasi pemain piano, atau pianolas.

Keduanya mengambil inspirasi dari ini untuk mengembangkan sistem komunikasi rahasia untuk kendali jarak jauh torpedo, berdasarkan mekanisme lompatan frekuensi yang beralih di antara 88 frekuensi berbeda.

Pada tahun 1942, mereka pun menerima paten untuk sistem ini. Penemuan ini yang kemudian dinamai dengan Frequency Hopping. Namun saat ini namanya diubah menjadi spread spectrum dengan ide dasar yang sama.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Sering Terputus di Windows 10

Perkembangan WiFi

ALOHAnet IEEE Spectrum ALOHAnet

Penemuan Hedy Lamarr tersebut menjadi penemuan penting yang dilanjutkan pada tahun 1971. Perkembangan WiFi bermula pada ALOHAnet menghubungkan Kepulauan Hawaii dengan jaringan paket nirkabel UHF.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com