Penemu WiFi dan Sejarah Perkembangannya

Kompas.com - 11/08/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Penggunaan WiFi saat ini tak dapat dipisahkan di kehidupan sehari-hari untuk mengakses jaringan internet. Teknologi satu ini juga sudah lebih mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah, sekolah, kantor, café, hingga kedai.

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti laptop dan ponsel untuk mengakses internet. Melalui WiFi kita dapat mengakses internet dengan mudah tanpa harus menghubungkan perangkat ke lewat kabel.

Melihat penggunaan WiFi yang masif saat ini tentu teknologi satu ini memiliki sejarah panjang. Mengulas perkembangan WiFi tentu tak menarik jika tidak menyinggung siapa penemu awalnya. Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai sejarah perkembangan WiFi.

Baca juga: Cara Membagikan Password Wifi di HP Android

Penemuan WiFi

Hedy Lamarr Kompas Hedy Lamarr

Siapa sangka teknologi satu ini ditemukan oleh artis populer holywood. Ia adalah Hedy Lamarr. Hedy Lamarr lahir pada tanggal 9 November tahun 1914. Lahir di Wina Austria dirinya tak hanya memiliki paras cantik memukau namun juga otak yang jenius.

Di sela-sela kesibukannya sebagai artis ia ternyata memiliki hobi meneliti. Menjadi artis Holywood yang populer juga justru menguntungkan dirinya dalam bidang penelitian.

Dari sini ia dapat memiliki akses untuk bersosialisasi dengan tokoh-tokoh penting seperti John F Kennedy dan Howard Hughes. Dari mereka ia mendapatkan peralatan penting untuk menjalankanh berbagai eksperimen yang dibuatnya.

Ternyata disamping memiliki paras yang cantik, wanita yang lahir di Wina Austria ini juga dianggap mempunyai otak yang sangat jenius.

Hal ini terbukti di tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia yang memakai frekuensi radio dalam bertukar data.

Produk tersebut dianggap menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat dan penting di dalam teknologi komunikasi. Dia mengembangkan kontribusinya pada sejarah WiFi bersama dengan komposer avant garde George Antheil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.