Siasat Microsoft Rayu Pengguna Chrome Pindah ke Edge

Kompas.com - 11/08/2022, 19:40 WIB

KOMPAS.com - Microsoft resmi menutup peramban (broswer) Internet Explore pada Juni lalu dan menggantinya dengan Microsoft Edge. Perusahaan software raksasa ini pun merancang strategi untuk menarik lebih banyak orang menggunakan Edge.

Salah satu strateginya digulirkan dalam Edge versi 104 yang menawarkan fitur untuk mempermudah impor data dari peramban pesaing, Chrome.

Jadi, pengguna yang ingin menjajal browser Edge versi 104, tidak perlu menginstal Chrome lebih dulu untuk mengimpor data. Hal ini bisa mempermudah transfer data antar-peramban, karena biasanya dukungan impor data antar-browser lainnya mengharuskan pengguna menginstal kedua browser yang ingin dihubungkan.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Browser Baru Pengganti Edge

Untuk memindahkan data dari Chrome ke Microsoft Edge, pengguna hanya perlu login ke akun Google di Edge. Dengan begitu, data yang pengguna miliki di Chrome, akan disinkronkan melalui cloud dan bisa diakses dari Microsoft Edge.

Selain fitur impor data dari Chrome, Microsoft Edge versi 104 juga dilengkapi dengan mode keamanan level baru, yaitu Level Basic. Fitur ini menambah mode keamanan Level Balance dan Level Strict yang sudah tersedia sebelumnya.

Dengan mode keamanan Level Basic, perlindungan keamanan hanya akan diterapkan pada situs web yang jarang dikunjungi pengguna.

Baca juga: Microsoft Edge Bisa Dipakai Main Game Xbox Lewat Streaming

"Dengan mode keamanan yang ditingkatkan, Microsoft Edge membantu mengurangi serangan dengan menerapkan pengaturan keamanan yang lebih konservatif secara otomatis pada situs yang tidak dikenal dan beradaptasi seiring waktu ketika Anda terus berselancar (di internet)," tulis Microsoft dikutip KompasTekno dari Windows Central, Kamis (11/8/2022).

Pengaturan default Microsoft Edge akan menonaktifkan mode keamanan berbagai level. Adapun pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut secara manual pada menu Pengaturan/Settings > Privasi > gulir hingga Anda menemukan fitur "Enhance your security on the web" > Aktifkan fitur tersebut.

Jika Anda sudah mengunjungi menu itu namun tak menemukan mode keamanan Basic, Anda bisa memeriksa pembaruan pada menu "About Microsoft Edge".

Baca juga: Logo Baru Browser Edge Tak Seperti Internet Explorer Lagi

Microsoft Edge diklaim lebih unggul dari Chrome

Microsoft menutup peramban internet ikonik mereka - Internet Explorer - pada 15 Juni 2022. Artinya, browser yang diperkenalkan pada 17 Agustus 1995 dengan nama "Micrososft Internet Explorer" tersebut tak akan lagi mendapatkan fitur baru atau pembaruan (update) keamanan mulai hari ini hingga seterusnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.