Hasil Benchmark AnTuTu Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, Seberapa Kencang?

Kompas.com - 12/08/2022, 07:00 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Duo ponsel lipat terbaru Samsung, yaitu Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 dijanjikan memiliki peningkatan performa dibanding generasi sebelumnya.

Pasalnya, kedua perangkat tersebut ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, sebuah peningkatan dari Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 yang dibekali dengan chipset Snapdragon 888.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim merupakan chipset ponsel Android terkuat saat ini, dan menjadi varian lain dari Snapdragon 8 Gen 1 yang diklaim memiliki peningkatan performa prosesor (CPU) dan pengolah grafis (GPU) sekitar 10 persen.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Resmi Meluncur dengan Kamera 50 MP

KompasTekno berkesempatan memegang langsung duo ponsel lipat teranyar Samsung itu. Untuk membuktikan kebolehan chipset tersebut, begitu juga performa Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 yang memakainya, kami langsung memasang aplikasi benchmark populer AnTuTu versi 9 (v9) pada kedua perangkat itu.

Setelah diuji coba, Galaxy Z Fold 4 mendapatkan skor hampir 1 juta poin, tepatnya 965.790 poin. Sementara itu, Galaxy Z Flip 4 mendapatkan skor benchmark yang lebih rendah dari "saudaranya", yaitu 919.881 poin.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 di Indonesia, Lebih Murah dari Z Flip 3

Hasil skor benchmark AnTuTU v9 Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Fold 4 (kanan).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil skor benchmark AnTuTU v9 Galaxy Z Flip 4 (kiri) dan Fold 4 (kanan).

Apabila mengacu pada daftar smartphone terkencang versi AnTuTu periode Juli 2022 lalu, skor benchmark yang didapatkan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 masih belum mampu melampaui aneka perangkat yang ada dalam daftar tersebut.

Adapun perangkat Android terkencang Juli 2022 versi AnTuTu yang berada di posisi pertama merupakan ROG Phone 6 Pro (18 GB/512 GB) dengan skor benchmark 1.114.647.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia, Sama dengan Z Fold 3

Selain AnTuTu, kami juga menjajal platform benchmark lainnya yang biasa dipakai untuk menguji kemampuan gaming suatu perangkat Android, yakni 3DMark.

Hasilnya, Samsung Z Fold 4 memiliki skor 2.647 poin untuk uji coba "Wild Life Extreme", sedangkan Samsung Z Flip 4 mencetak skor 2.665 poin untuk mode pengujian yang sama.

Hasil benchmark 3DMark Galaxy Z Flip 4 (kiri)dan Galaxy Z Fold 4 (kanan).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil benchmark 3DMark Galaxy Z Flip 4 (kiri)dan Galaxy Z Fold 4 (kanan).

Jika dilihat dari daftar perangkat teratas di dalam aplikasi 3DMark, skor sekitar 2.600 poin setara dengan ponsel gaming Lenovo Legion Y90 dan ROG Phone 6.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4 Resmi Meluncur dengan Baterai Lebih Besar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.