Google Uji Coba Main Game Langsung dari Hasil Pencarian

Kompas.com - 13/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Google tengah menguji fitur yang membantu pengguna Google Search mencicipi game tanpa harus mengakses platform cloud gaming langsung. Game itu nantinya bisa dijajal langsung di halaman hasil pencarian Google Search.

Menurut Bryant Chappel dari Nerf Report, ketika pengguna mencari dengan keyword judul game, di sisi kanan hasil pencarian Google Search akan tersedia fitur "Play now", yang memuat tautan langsung ke platform cloud gaming Google Stadia. Amazon Luna, dan Nvidia GeForce.

Tautan itu tersedia di balik tombol "Play" yang ada di samping masing-masing platform penyedia streaming game tersebut.

Ketika tombol itu diklik, pengguna akan diarahkan ke Stadia misalnya, sehingga bisa mendapat gambaran bagaimana load permainan dimulai hingga mencoba game tersebut.

Baca juga: Google Stadia Resmi Meluncur, Ini 22 Game yang Bisa Dimainkan

"Sepertinya mesin pencari Google memiliki pembaruan untuk platform cloud gaming!!! Saat mencari game, sekarang gamer bisa meluncurkannya langsung dari hasil pencarian menggunakan @GoogleStadia," kata Bryant Chappel dikutip KompasTekno dari akun Twitter pribadinya dengan handle @BryantChappel.

Meski demikian, pengguna harus memiliki akun di kedua platform streaming game terkait. Jika tidak, pengguna hanya akan mendapati halaman pendaftaran, sehingga tak bisa menjajal game secara langsung dari hasil pencarian.

Mereka harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi laman pendaftaran, seperti dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Chappel, selain Google Stadia, fitur itu juga bisa mendukung layanan cloud gaming lainnya termasuk Xbox Cloud Gaming, dan Nvidia GeForce Now. Meski demikian, ia juga menyatakan bahwa fitur "Play now" kemungkinan tidak akan mendukung semua judul game, karena beberapa game tersedia sebagai item premium.

Baca juga: Sega dan Microsoft Kerja Sama Layanan Cloud Gaming

Google Serach sendiri menyertakan keterangan jika uji coba game tersedia, atau mengharuskan pengguna berlangganan. Keterangan itu tercantum di bawah daftar platform gaming cloud yang muncul dalam panel info setelah pengguna menelusur game terkait.

Fitur ini sendiri tampaknya masih dalam tahap uji coba Google. Sebab, fitur itu tidak ditemukan semua pengguna bahkan terkadang tidak lagi muncul pada panel info hasil pencarian.

Belum diketahui apakah fitur yang memungkinkan pengguna mencoba game ini akan dirilis atau hanya sebagai uji coba saja. Bila memang dijadwalkan rilis, belum diketahui pula kapan fitur ini meluncur ke semua pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.