Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HoYoverse Penjarakan Pembuat Cheat Genshin Impact

Kompas.com - 13/08/2022, 16:03 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber PCGamesN

KOMPAS.com - Pengembang game asal China, HoYoverse, yang mengembangkan game role-playing (RPG) terpopuler, Genshin Impact, tampaknya tidak akan mentoleransi kecurangan di game-nya.

Salah satu tindakan yang diambil adalah menggungat tiga orang pembuat cheat Genshin Impact. Di dalam game, cheat diartikan sebagai kode atau program (software) untuk membantu pemain memenangkan permainan atau menuntaskan misi dengan cara yang curang.

Menurut laporan dari media asal China, GameRes, tiga pelaku itu pertama kali membuat cheat Genshin Impact tahun 2020 ketika game itu debut. Cheat yang mereka buat memungkinkan pemain bisa mendapatkan Primogems (mata uang dalam game Genshin Impact) secara tak terbatas.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Karakter di Genshin Impact

Padahal, Primogems seharusnya hanya bisa didapatkan dengan membelinya (top up) atau mengeklaim kode redeem yang biasanya menawarkan Primogems gratis.

Dirangkum KompasTekno dari Niche Gamer, Sabtu (13/8/2022), pembuat cheat Genshin Impact itu telah menjual 40.000 kunci software cheat. Dari penjualan tersebut, pelaku meraup total 300.00 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 miliar (kurs Rp 14.600).

Mengetahui praktik cheat ini, HoYoverse kemudian menyeret ketiga pelaku ke meja hijau pada tahun 2021. Setelah dinyatakan bersalah, ketiga tersangka masing-masing dijatuhi hukuman yang berbeda.

Pelaku pertama yang diketahui sebagai ketua kelompok, dihukum selama empat tahun dengan denda 50.000 yuan (Rp 108,8 juta), sedangkan pelaku kedua dijatuhi hukuman penjara tiga tahun 10 bulan dengan denda yang sama,  50.000 yuan.

Pelaku terakhir dijatuhi hukuman kurungan lebih singkat dibanding dua anggota lainnya, yakni satu tahun enam bulan dengan denda 10.000 yuan atau setara dengan Rp 21,77 juta.

Baca juga: 5 Game Hack and Slash di Android yang Bisa Dicoba selain Genshin Impact

Ini bukan kali pertama HoYoverse menindak pelanggar game Genshin Impact. Awal tahun ini, HoYoverse juga menggugat dan memblokir seorang leaker (pembocor).

Orang tersebut diketahui membocorkan cuplikan footage singkat dan informasi dari update terbaru untuk versi 2.5 beta sebelum resmi dirilis. Pembocor itu dijatuhi hukuman denda sebanyak 78.000 dollar AS (Rp 1,14 miliar).

Apa itu Genshin Impact?

Ilustrasi Genshin Impact versi 2.8.Hoyoverse Ilustrasi Genshin Impact versi 2.8.
Bagi yang belum familiar, Genshin Impact merupakan game role-playing (RPG) yang dirilis oleh pengembang game asal China, HoYoverse, pada 2020 lalu. Game ini hadir di berbagai platform seperti Android, iOS, PS5, dan PC.

Dikarenakan memiliki grafis tinggi dengan kualitas yang menarik, permainan ini berhasil menarik perhatian para gamer. Game ini memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia fiksi luas (open-world). Dunia dalam game tersebut dijuluki “Teyvat”.

Selama menelusuri Teyvat, pemain akan menjalankan dan menyelesaikan sejumlah misi dan menghadapi musuh/monster yang harus dibasmi. Pemain nantinya akan dapat menggunakan beberapa elemen seperti, Anemo, Electro, Hydro, Pyro, Cyro, Dendro, dan Geo.

Baca juga: 2 Cara Ganti E-mail di Akun Genshin Impact

Namun, untuk melancarkan misi tersebut, pemain juga bisa menggunakan sekitar 24 karakter dalam permainan. Karakter yang tersedia nantinya akan berbeda dan memiliki beragam senjata unik.

Pengguna pun dapat mengombinasikan seluruh karakter di dalam sebuah tim. Agar misi yang dikerjakan dapat terselesaikan dengan lebih mudah.

Permainan aksi dengan menggunaakan mekanisme hack and slash ini mendukung fitur multiplayer hingga empat pemain, dan menawarkan fitur crossplay. Hal ini berarti pemain yang bermain di PS4, PC, ponsel Android/iOS, dapat menyelesaikan misi secara bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PCGamesN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com