Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Twibbon 17 Agustus HUT Ke-77 RI di Canva dengan Mudah

Kompas.com - Diperbarui 17/08/2022, 07:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Memperingati hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 atau HUT ke-77 RI nanti, bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah membagikan pesan melalui Twibbon 17 Agustus.

Sebagaimana umum diketahui, Twibbon merupakan bingkai foto digital yang berisi pesan atau kampanye untuk memperingati peristiwa tertentu, termasuk bisa juga untuk memperingati HUT ke-77 RI.

Baca juga: 45 Link Download Twibbon HUT RI 17 Agustus 2022 dan Cara Pakainya

Umumnya, Twibbon dipakai sebagai foto profil di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Twibbon 17 Agustus untuk memperingati HUT ke-77 RI bisa diunduh dengan mudah melalui situs web seperti Twibbonize.

Namun, koleksi Twibbon hari Kemerdekaan Indonesia di Twibbonize mungkin bisa tidak sesuai dengan kebutuhan yang dicari. Selain di Twibbonize, sejatinya Twibbon 17 Agustus peringatan HUT ke-77 RI bisa dibuat sendiri juga.

Lantas, bagaimana cara membuat Twibbon hari Kemerdekaan Indonesia? Membuat Twibbon 17 Agustus untuk HUT ke-77 RI bisa dilakukan sendiri secara mudah di HP, dengan memanfaatkan aplikasi edit gambar Canva.

Sebagian dari Anda mungkin tak asing lagi dengan aplikasi edit gambar tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat Twibbon 17 Agustus peringatan HUT ke-77 RI di Canva dengan mudah.

Cara membuat Twibbon 17 Agustus HUT ke-77 RI di Canva

  • Anda bisa mengunduh dulu Canva lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah terinstal di HP, silakan buka aplikasi Canva.
  • Pada halaman awal aplikasi, klik ikon tambah dan pilih opsi “Konten Instagram” untuk mulai membuat Twibbon dengan aspek rasio 1:1. Lalu, Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan desain Twibbon.
  • Pada halaman itu, bakal muncul persegi warna putih sebagai bidang dasar Twibbon. Anda bisa mengubah warnanya untuk jadi background dengan klik opsi “Warna”.
  • Kemudian, dalam bidang tersebut, tambahkan beberapa elemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menambahkan elemen, caranya klik ikon tambah dan pilih opsi “Elemen”.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon HUT RI ke-77 di CanvaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon HUT RI ke-77 di Canva
  • Ada beragam elemen yang bisa dipilih, cari elemen-elemen yang mendukung dengan tema hari Kemerdekaan Indonesia, misal bendera Merah Putih atau simbol Garuda Pancasila.
  • Bila background telah selesai dibuat dengan menambahkan beberapa elemen, silakan tambahkan bidang bingkai foto. Caranya, klik ikon tambah dan pilih opsi “Elemen”, lalu cari dan pilih bidang bingkai sesuai kebutuhan.
  • Elemen bingkai dibutuhkan untuk tempat meletakkan foto nantinya.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon HUT RI ke-77 di CanvaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon HUT RI ke-77 di Canva
  • Kemudian, Anda bisa menambahkan teks ke desain Twibbon yang dibuat dengan cara klik ikon tambah dan pilih opsi “Teks”.
  • Buat teks yang mendukung peringatan hari Kemerdekaan Indonesia, seperti “Dirgahayu Republik Indonesia” atau “Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia”.
  • Setelah ditambahkan, opsi pengaturan jenis font, besar font, atau efek teks bisa ditemukan pada bilah menu di bagian bawah layar aplikasi.
  • Bila telah selesai membuat Twibbon di Canva, silakan klik opsi "Unduh".

Ilustrasi cara membuat Twibbon hari Kemerdekaan Indonesia di Canva.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon hari Kemerdekaan Indonesia di Canva.

Kini, Anda telah memiliki gambar Twibbon 17 Agustus HUT ke-77 RI sendiri. Twibbon itu pun bisa diunggah ke Twibbonize. Bila hendak mengunggah gambar Twibbon tersebut ke Twibbonize, Anda perlu membuat bagian background-nya jadi transparan.

Background Twibbon transparan diperlukan agar bidang bingkai dapat diganti dengan foto. Untuk penjelasan mengenai cara membuat background Twibbon transparan yang lengkap, silakan baca di artikel ini “Cara Membuat Background Twibbon Transparan”.

Baca juga: Cara Membuat dan Upload Twibbon di Twibbonize lewat HP

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Twibbon 17 Agustus peringatan HUT ke-77 RI dengan menggunakan Canva. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone berbasis iOS 15.5. Beda perangkat untuk mengakses Canva, mungkin bakal beda pula langkah dan letak opsinya. Kendati demikian, secara umum langkahnya kemugkinan akan serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com