Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Samsung Galaxy Z Fold 4 Diklaim Tetap Kuat Meski Bobotnya Lebih Ringan, Apa Rahasianya?

Kompas.com - 15/08/2022, 11:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Fitur ketahanan (durability) tentunya menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan vendor smartphone dalam membuat ponsel lipat (foldable phone).

Hal itulah yang diperhatikan Samsung untuk salah satu ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 4. Ponsel tersebut kini dibekali dengan engsel (hinge) dengan material dan mekanisme yang lebih modern.

Bisa dibilang demikian lantaran gir-gir di dalam engsel yang biasa dipakai untuk menopang lipatan di Galaxy Z Fold 3, kini diubah menjadi besi-besi dan papan metal yang saling bersinggungan.

Berbagai material tersebut diklaim bisa memberikan efek lipatan yang lebih mulus ketimbang efek "gerakan" yang dihasilkan dari mekanisme engsel yang mengandalkan gir.

Baca juga: Biaya Servis Layar Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Makin Murah

Selain engsel, Samsung juga turut mengganti salah satu lapisan layar berbahan metal, yang sebelumnya ada di Galaxy Z Fold 3, dengan material baru yang dijuluki Fiber Reinforced Plastic (FRP).

Samsung tidak menjabarkan seberapa kuat lapisan layar FRP dibanding lapisan layar metal. Namun berkat material tersebut, begitu juga mekanisme engsel yang diperbarui tadi, Galaxy Z Fold 4 bisa dibuat lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3.

"Galaxy Z Fold 4 memiliki bobot 263 gram, lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3 dengan 271 gram atau Galaxy Z Fold 2 dengan 282 gram," klaim MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Verry Octavianus kepada KompasTekno di sela acara "Galaxy Unpacked 2022" di New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 Vs Z Fold 4

Lapisan layar diperkuat

Lapisan layar Galaxy Z Fold 4 yang diperkuat.Samsung Lapisan layar Galaxy Z Fold 4 yang diperkuat.

Seperti diketahui, layar Galaxy Z Fold 4 terdiri dari sejumlah lapisan. Lapisan layar FRP tadi, misalnya, berfungsi untuk melindungi lapisan layar Digitizer yang berfungsi sebagai sensor untuk menerima input sentuhan (touchscreen).

Kemudian ada layar panel yang berfungsi untuk memancarkan cahaya dan menampilkan gambar kepada pengguna.

Nah, untuk memperkokoh struktur layar, bagian panel tersebut kini diklaim telah diperkuat dengan material yang lebih kokoh dibanding panel Galaxy Z Fold 3.

Di samping itu, Samsung juga memperkuat struktur lapisan layar dengan beberapa busa (sponge) yang materialnya diperbarui.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Jadi Ponsel Pertama dengan Android 12L

Busa-busa tersebut kini diklaim dapat membantu meredam getaran, benturan, atau tekanan keras yang menghantam layar lebih baik dibanding Galaxy Z Fold 3.

Selain lapisan layar bagian dalam (interior), lapisan layar luar alias eksterior juga kini diperkuat dengan lapisan kaca Gorilla Glass Victus Plus yang diklaim lebih kokoh dibanding Gorilla Glass Victus "reguler".

"Dengan berbagai peningkatan pada struktur layar ini, Galaxy Z Fold 4 mampu dilipat dan dibentangkan hingga lebih dari 200.000 kali," imbuh Verry.

Tertarik merasakan ketangguhan layar Samsung Z Fold 4? Saat ini, ponsel lipat tersebut sudah bisa dipesan di Indonesia melalui situs Samsung.com.

Untuk mendapatkan ponsel lipat teranyar Samsung itu, konsumen harus merogoh kocek termurah Rp 25 juta untuk varian RAM 12 GB dan media penyimpanan 256 GB.

Untuk melihat daftar harga masing-masing model Samsung Fold 4, bisa menyimak artikel daftar harga Samsung Galaxy Z Fold 4 berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com