Layar Samsung Galaxy Z Fold 4 Diklaim Tetap Kuat Meski Bobotnya Lebih Ringan, Apa Rahasianya?

Kompas.com - 15/08/2022, 11:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Fitur ketahanan (durability) tentunya menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan vendor smartphone dalam membuat ponsel lipat (foldable phone).

Hal itulah yang diperhatikan Samsung untuk salah satu ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 4. Ponsel tersebut kini dibekali dengan engsel (hinge) dengan material dan mekanisme yang lebih modern.

Bisa dibilang demikian lantaran gir-gir di dalam engsel yang biasa dipakai untuk menopang lipatan di Galaxy Z Fold 3, kini diubah menjadi besi-besi dan papan metal yang saling bersinggungan.

Berbagai material tersebut diklaim bisa memberikan efek lipatan yang lebih mulus ketimbang efek "gerakan" yang dihasilkan dari mekanisme engsel yang mengandalkan gir.

Baca juga: Biaya Servis Layar Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4 Makin Murah

Selain engsel, Samsung juga turut mengganti salah satu lapisan layar berbahan metal, yang sebelumnya ada di Galaxy Z Fold 3, dengan material baru yang dijuluki Fiber Reinforced Plastic (FRP).

Samsung tidak menjabarkan seberapa kuat lapisan layar FRP dibanding lapisan layar metal. Namun berkat material tersebut, begitu juga mekanisme engsel yang diperbarui tadi, Galaxy Z Fold 4 bisa dibuat lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3.

"Galaxy Z Fold 4 memiliki bobot 263 gram, lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3 dengan 271 gram atau Galaxy Z Fold 2 dengan 282 gram," klaim MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Verry Octavianus kepada KompasTekno di sela acara "Galaxy Unpacked 2022" di New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 Vs Z Fold 4

Lapisan layar diperkuat

Lapisan layar Galaxy Z Fold 4 yang diperkuat.Samsung Lapisan layar Galaxy Z Fold 4 yang diperkuat.

Seperti diketahui, layar Galaxy Z Fold 4 terdiri dari sejumlah lapisan. Lapisan layar FRP tadi, misalnya, berfungsi untuk melindungi lapisan layar Digitizer yang berfungsi sebagai sensor untuk menerima input sentuhan (touchscreen).

Kemudian ada layar panel yang berfungsi untuk memancarkan cahaya dan menampilkan gambar kepada pengguna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.