Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 8 Pro 5G dan Reno 8 Z 5G Resmi Diumumkan di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Kompas.com - 15/08/2022, 13:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Setelah sesi perkenalan pekan lalu, Oppo Reno 8 Series akhirnya resmi dirilis di Indonesia pada Senin (15/8/2022).

Oppo memboyong empat model Reno 8 Series ke Indonesia, yaitu Oppo Reno 8 Pro 5G, Oppo Reno 8 5G, Oppo Reno 8 Z 5G, dan Oppo Reno 8 4G.

Dari keempatnya, Oppo baru mengumumkan harga dan ketersediaan untuk model Reno 8 5G dan Reno 8 4G di Indonesia.

Sedangkan, model Reno 8 Pro 5G disebut baru akan tersedia untuk dibeli di Indonesia pada September mendatang, bersama dengan model Oppo Reno 8 Z 5G.

"Kami masih mengurus proses hadirnya Oppo Reno 8 Pro 5G dan Oppo Reno 8 Z 5G ke Indonesia. Menurut perhitungan kami, harusnya September 2022 (sudah bisa masuk ke Indonesia)," kata PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto dalam sesi tanya-jawab Reno 8 Series Exclusive Lauch di Zoom, Senin siang.

Baca juga: Oppo Reno 8 Versi 5G dan 4G Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Meski belum mengungkap harganya, Aryo telah merinci spesifikasi dari Oppo Reno 8 Pro 5G dan Oppo Reno 8 Z 5G versi Indonesia.

Spesifikasi Oppo Reno 8 Pro 5G

Secara hierarki, Oppo Reno 8 Pro 5G diposisikan sebagai model teratas karena dibekali sejumlah spesifikasi paling mumpuni di banding tiga model Reno 8 Series lainnya.

Spesifikasi unggulan pertama terletak di aspek kamera. Aryo mengatakan, ponsel ini sudah dibekali dengan chip Neural Processing Unit (NPU) buatan Oppo sendiri bernama "MariSilicon X".

Yang menjadikan istimewa, NPU MariSilicon X pada Oppo Reno 8 Pro 5G ini merupakan warisan dari smartphone flagship Oppo Find X5 Pro 5G. Dengan MariSilicon X, hasil foto dan video pada kondisi minim cahaya menjadi bagus selayaknya kamera profesional.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Tak hanya chip MariSilicon X, Aryo mengatakan, kamera Reno 8 Pro 5G dibekali dengan dual flagship sensor Sony, yaitu IMX766 untuk kamera utama dan IMX709 untuk kamera selfie.

Adapun kamera Reno8 Pro 5G terdiri dari tiga kamera, yaitu kamera utama Sony IMX766 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Kamera belakang tersebut sudah mendukung fitur perekaman 4K Ultra Night Video dan 4K Ultra HDR Video.

Untuk kebutuhan selfie, ponsel ini dibekali kamera depan dengan sensor Sony IMX709 beresolusi 32 MP (f/2.4). Kamera depan yang dibenamkan dalam sebuah punch hole ini sudah dilengkapi dengan fitur autofocus lock.

Oppo Reno 8 Pro 5G varian warna Glazed Black resmi meluncur di Indonesia, Senin (15/8/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Reno 8 Pro 5G varian warna Glazed Black resmi meluncur di Indonesia, Senin (15/8/2022).
Oppo Reno 8 Pro 5G juga mengunggulkan sektor baterai 4.500 mAh yang didukung dengan fitur pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC 80 watt. Teknologi fast charging tersebut disebut dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 11 menit.

Baca juga: Intip Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 8 yang Meluncur Hari Ini

Baterai ponsel ini kini juga dilengkapi fitur baru bernama "Battery Health Engine", yang disebut mampu mengurangi degradasi (kerusakan) baterai sehingga bisa memperpanjang usia baterai sebanyak 1.600 kali pengisian daya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com