Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Line Splitbill Punya Fitur Baru untuk Tagih Teman yang Belum Bayar Patungan

Kompas.com - 15/08/2022, 14:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Line memperbarui fitur layanan berbagi tagihan dalam aplikasinya atau yang biasa disebut Line Splitbill. Layanan tersebut kini diperkaya dengan sejumlah fitur baru, di antaranya Payment Info, Reminder dan History.

Fitur baru ini ditujukan agar mempermudah pengguna membagikan tagihan melalui Line Splitbill.

“Fitur Payment Info, Reminder, dan History yang kami hadirkan ke dalam salah satu layanan Line Indonesia, Line Splitbill, bertujuan untuk mempermudah aktivitas berbagi tagihan pengguna dengan teman-teman mereka saat memanfaatkan layanan ini,” kata Fanny Verona, Country Manager Line Indonesia.

Baca juga: Line Jobs Tutup Layanan Mulai 30 Agustus 2022

Fitur baru Line SplitbillLine Fitur baru Line Splitbill

1. Payment Info

Fitur Payment Info berguna untuk menyimpan informasi terkait pembayaran yang dilakukan pengguna.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna Line Splitbill hanya perlu memasukkan informasi Payment Method, apakah ingin menggunakan akun bank atau e-wallet.

Kemudian informasi pilih opsi Account Name dan Account Number pada halaman Add Payment Info. Halaman Add Payment Info dapat di akses setelah pengguna mengklik Next pada menu tagging.

Menurut keterangan Line Indonesia yang diterima KompasTekno, Senin (15/8/2022), informasi pembayaran itu akan terus tersimpan di Line Splitbill milik pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan informasi pembayaran lain.

2. Reminder

Fitur Reminder berfungsi mengirimkan notifikasi otomatis kepada pengguna Line Splitbill untuk melakukan transaksi pembayaran setelah mendapatkan hasil tagihan.

Untuk menggunakan fitur Reminder, pengguna hanya perlu ke menu Home Page, kemudian buka Detail bill yang masih aktif dan klik “Send Reminder”.

Baca juga: Kominfo Bantah Pemerintah Bisa Intip Chat WhatsApp dan E-mail lewat Aturan PSE

Selanjutnya akan muncul halaman “reminding Your Friends” dan pengguna dapat memilih teman yang ingin mereka ingatkan dengan klik “Send Reminder”. Dengan demikian pengguna Line Splitbill bisa menagih rekan mereka yang belum membayar patungan makanan.

Setelah teman mereka melakukan pembayaran, pengguna dapat mengklik “Settle Bill” dan “Save Settlement”.

3. History

Adapun fitur History berguna untuk menampilkan riwayat berbagai tagihan pengguna, termasuk melihat apakah pengguna lain yang berbagi pembayaran sudah membayar tagihan atau belum.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat bills yang mereka bagi sebelumnya, sehingga mereka dapat melacak aktivitas berbagi tagihan di Line Splitbill.

Fitur History sendiri dapat diakses dengan mudah melalui tampilan utama aplikasi yang sudah perbarui.

“Melalui inovasi terbaru dalam layanan Line Splitbill ini, kami berusaha untuk menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna, terutama ketika mereka harus mencatat dan mengirim informasi pembayaran secara manual serta mengingatkan para bill members untuk membayar tagihan yang kadang-kadang tertunda dalam jangka waktu yang lama,” ujar Nico Dharmaputra, Strategy Lead, Line Indonesia.

Baca juga: Daftar Aplikasi Chat dan Medsos yang Aman dari Pemblokiran Kominfo

Layanan Line Splitbill diklaim dimanfaatkan oleh banyak pengguna di Indonesia. Pada 2021, jumlah bill yang diunggah ke Line Splitbill diklaim mencapai 3 juta bills, sedangkan pada tahun 2022 hingga sekarang sebanyak 4 juta bills.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com