YouTube Siapkan Toko Online untuk Langganan Konten dari Platform Streaming Lain

Kompas.com - 15/08/2022, 15:29 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - YouTube dilaporkan tengah menggarap sebuah toko online di dalam platform. Toko online tersebut konon akan bernama "channel store". Di sana, pengguna bisa berlangganan platform video streaming lain.

Menurut bocoran laporan Wall Street Journal (WSJ), YouTube sudah berdiskusi dengan sejumlah perusahaan hiburan untuk mewujudkan toko online-nya itu.

Channel Store kabarnya sudah dikembangkan YouTube selama 18 bulan, sehingga diperkirakan akan tersedia pada awal musim gugur atau sekitar September hingga Oktober tahun ini.

Saat ini sendiri Youtube mengizinkan pelanggan berbayar paket YouTube TV untuk menambahkan layanan berlangganan lainnya seperti HBO Max ke dalam paket.

Adapun Channel Store nantinya akan mengizinkan pelanggan memilih layanan streaming yang tidak termasuk dalam paket, melalui aplikasi utama YouTube.

Baca juga: Cara Menambahkan Subtitle di Video YouTube untuk Semua Bahasa

Dengan demikian, YouTube memposisikan dirinya sebagai "gerbang" ke berbagai penyedia streaming film dan acara favorit.

Dalam praktik seperti ini, biasanya perusahaan akan berbagi komisi dari pembelian konsumen kepada mitra. Nah, saat ini YouTube kabarnya sedang mendiskusikan pembagian komisi tersebut dengan mitranya, sesuai dengan syarat yang disepakati masing-masing perusahaan.

Salah satu platform yang masih dalam diskusi, konon adalah Peacock NBCUniversal, yaitu platform streaming video di AS.

Menurut sumber yang dikutip WSJ, Peacock NBCUniversal sedang mempertimbangkan apakah akan menambahkan layanan streaming-nya ke YouTube atau tidak. Namun, perusahaan tersebut menolak berkomentar soal bocoran ini.

YouTube juga tak kunjung memberikan tanggapan terkait rencana pembuatan Channel Store itu, sebagaima dihimpun KompasTekno dari WSJ, Senin (15/8/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.