Cara Menghilangkan Notifikasi Pengguna Baru Bergabung Telegram di iOS dan Android

Kompas.com - 15/08/2022, 18:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Telegram menjadi aplikasi pesan instan yang populer selain WhatsApp, Line atau aplikasi lainnya. Telegram yang memulai debutnya pada tahun 2013 ini juga menawarkan sejumlah fitur menarik yang membuatnya berbeda dari aplikasi lain.

Di antara fitur Telegram yang bisa ditemukan setiap pengguna, yaitu fitur notifikasi ketika seseorang dalam kontak bergabung/menggunakan Telegram. Pemberitahuan ini dengan mudah diketahui karena muncul seperti notifkasi ketika ada pesan baru.

Namun, terkadang fitur tersebut justru mengganggu pengguna karena dianggap tidak begitu penting. Telegram sendiri memberikan opsi untuk menghilangkan notifikasi tersebut, baik untuk pengguna Telegram versi iOS maupun Android.

Baca juga: Telegram Sudah Terdaftar di Halaman PSE Kominfo

Caranya terbilang mudah sebagaimana mengatur opsi notifikasi lainnya dalam aplikasi. Berikut rinciannya.

Cara menghilangkan notifikasi pengguna baru Telegram Android

  • Buka aplikasi Telegram dan tekan tombol dengan ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas
  • Buka menu Settings/Pengaturan
  • Pilih menu Notifikasi dan Suara
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Events
    Cara menghilangkan notifikasi join TelegramKompas.com/Lely Maulida Cara menghilangkan notifikasi join Telegram
  • Pada opsi Events, Anda akan mendapati opsi "Contact joined Telegram"
  • Jika opsi "Contact joined Telegram" masih menyala atau aktif, tekan tombol yang tersedia hingga opsi tersebut mati

Cara menghilangkan notifikasi pengguna baru Telegram di iOS

  • Sama seperti pada aplikasi Telegram, Anda juga harus membuka menu Pengaturan/Settings terlebih dahulu untuk menghilangkan notifikasi join Telegram di iOS. Menu Pengaturan tersedia di pojok kanan bawah tampilan aplikasi
  • Pilih menu Notifikasi dan Suara
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi New Contacts/Kontak Baru
  • Tekan tombol di samping opsi New Contacts

Dengan cara di atas, Anda tidak akan lagi mendapat notifikasi ketika ada salah satu nomor kontak Anda bergabung ke Telegram.

Kendati demikian, pemberitahuan itu akan tetap muncul saat aplikasi dibuka. Pemberitahuan tersebut muncul di daftar obrolan, seperti saat Anda memulai percakapan dengan pengguna Telegram lainnya.

Sayangnya cara di atas tidak serta merta menghapus daftar obrolan yang memuat keterangan seseorang bergabung ke Telegram. Satu-satunya cara yang tidak berisiko hanya menghapusnya secara manual.

Dihimpun KompasTekno dari How To Geek, Minggu (14/8/2022) Anda bisa menghapus obrolan tersebut dengan menonaktifkan sinkronisasi kontak Anda dengan aplikasi Telegram.

Baca juga: 10 Fitur Telegram Premium yang Tidak Dimiliki Versi Biasa

Namun, cara ini akan menyulitkan pengguna memulai obrolan baru, karena harus mencari pengguna lain berdasarkan nama penggunanya, bukan berdasarkan nomor kontaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.