Kompas.com - 15/08/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Pemain game dari Steam bisa menampilkan angka atau nilai frame rate per second (FPS) game yang sedang dimainkan. Untuk menampilkan angka FPS game di Steam, pemain bisa menggunakan fitur "FPS counter".

Fitur ini sudah hadir secara bawaan di Steam. Seperti namanya, fitur ini bisa digunakan untuk menampilkan nilai FPS pada game yang sedang dijalankan pada PC atau laptop.

FPS sendiri adalah satuan angka yang menunjukkan gerakan gambar dalam satu detik di suatu bingkai layar. Semakin tinggi angka FPS, maka game yang dimainkan semakin lancar.

Dengan mengetahui nilai atau angka FPS, pemain dapat mengukur dan mengetahui performa PC atau laptop yang sedang digunakan ketika dipakai untuk menjalankan game.

Baca juga: Kominfo Buka Blokir Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo Hari Ini

Pada umumnya, dibutuhkan angka FPS minimum 60 fps untuk dapat menikmati game dengan lancar.

Jika game yang dijalankan memiliki angka FPS yang rendah, pemain dapat menggunakan pengaturan grafis lebih rendah agar angka FPS meningkat. Namun, konsekuensinya kualitas grafis menjadi kurang bagus.

Nah, untuk mengetahui cara menggunakan fitur "FPS counter" di Steam, silakan simak uraian berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Trusted Reviews, Semom (12/8/2022).

Cara menampilkan angka FPS di Steam semua game

  • Buka aplikasi Steam.
  • Login ke akun Steam pribadi Anda.
  • Klik menu-bar "Steam" di pojok kiri atas aplikasi.
  • Tekan opsi "Settings".
  • Pilih "In-Game" > "Enable Steam overlay".
    Cara menampilkan nilai FPS di Steam menggunakan fitur FPS Counter.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menampilkan nilai FPS di Steam menggunakan fitur FPS Counter.
  • Cari dan temukan menu "In-game FPS counter"
  • Pilih lokasi tempat FPS ditampilkan. Kali ini KompasTekno memilih opsi "Top-left" untuk dapat melihat status FPS di pojok kiri atas layar.
  • Buka game yang diinginkan melalui Steam.
  • Setelah game berhasil dibuka, Anda dapat melihat FPS counter pada layar.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan begini pemain bisa memantau apakah game yang diainkan berjalan dengan lancar atau patah patah.

Baca juga: Seminggu Dirilis, Game Petualangan Kucing Stray Geser God of War di Steam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.