Kompas.com - 16/08/2022, 10:40 WIB

KOMPAS.com - Setelah merilis versi beta, Google resmi merilis sistem operasi (operating system/OS) Android 13. Untuk tahap awal, Android 13 digulirkan untuk smartphone Google Pixel terlebih dahulu.

Pengumuman perilisan dari OS ini nampaknya lebih cepat dibandingkan OS versi sebelumnya. Android 12 misalnya, dirilis bulan Oktober tahun lalu, dan Android 11dirilis pada September 2020.

Dalam blog resminya, Google mengunggah hasil tangkapan layar tampilan Android 13 untuk memberi gambaran kepada pengguna. Terdapat tiga fitur utama yang dibawa Google melalui pembaruan ini.

Baca juga: Android 13 Dirilis untuk Publik September?

Tiga fitur tersebut, antara lain “Personalized to you” (personalisasi pengguna), “Keeping you protected and secure” (meningkatkan perlindungan dan keamanan sistem), dan ”Helping your devices work better together” (membantu perangkat agar dapat bekerja sama lebih baik).

Google bakal merombak antarmuka Android 13 dengan desain baru, yaitu “Material You”. Lewat Material You, pengguna dapat memilih salah satu wallpaper, lalu sistem secara otomatis akan menentukan warna apa yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Tampilan OS Android 13Google Tampilan OS Android 13

Android 13 juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan berbagai ikon aplikasi di luar bawaan Google agar terlihat seragam dan sesuai dengan walpaper yang digunakan pengguna.

Baca juga: Google Mulai Gelontorkan Tampilan “Material You” untuk Gmail Versi Web

Selain dari segi tampilan, Andoird 13 juga membawa peningkatan fitur pemutar musik yang dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa musik yang didengarkan pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat mengontrol atau memilih bahasa yang berbeda-beda di tiap aplikasi, menyesuaikan kecerahan wallpaper, dan mengaktifkan tema gelap (Dark Mode) saat mode tidur (Bedtime mode) dinyalakan.

Peningkatan keamanan dan perlindungan

Android 13 Beta 2Google Android 13 Beta 2
Fitur utama kedua yang fokus pada keamanan, membawa fitur privasi baru saat berbagi foto dan video di aplikasi. Android 13 juga akan membatasi aksesibilitas aplikasi untuk mengakses foto/video tertentu saja, bukan semua foto di galeri pengguna.

Nantinya, akan muncul opsi “this app will have access to only the photos you select”/aplikasi ini hanya bisa mengakses foto yang telah Anda pilih".

Baca juga: Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.