Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Resmi Digulirkan untuk Google Pixel

Kompas.com - 16/08/2022, 10:40 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah merilis versi beta, Google resmi merilis sistem operasi (operating system/OS) Android 13. Untuk tahap awal, Android 13 digulirkan untuk smartphone Google Pixel terlebih dahulu.

Pengumuman perilisan dari OS ini nampaknya lebih cepat dibandingkan OS versi sebelumnya. Android 12 misalnya, dirilis bulan Oktober tahun lalu, dan Android 11dirilis pada September 2020.

Dalam blog resminya, Google mengunggah hasil tangkapan layar tampilan Android 13 untuk memberi gambaran kepada pengguna. Terdapat tiga fitur utama yang dibawa Google melalui pembaruan ini.

Baca juga: Android 13 Dirilis untuk Publik September?

Tiga fitur tersebut, antara lain “Personalized to you” (personalisasi pengguna), “Keeping you protected and secure” (meningkatkan perlindungan dan keamanan sistem), dan ”Helping your devices work better together” (membantu perangkat agar dapat bekerja sama lebih baik).

Google bakal merombak antarmuka Android 13 dengan desain baru, yaitu “Material You”. Lewat Material You, pengguna dapat memilih salah satu wallpaper, lalu sistem secara otomatis akan menentukan warna apa yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Tampilan OS Android 13Google Tampilan OS Android 13

Android 13 juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan berbagai ikon aplikasi di luar bawaan Google agar terlihat seragam dan sesuai dengan walpaper yang digunakan pengguna.

Baca juga: Google Mulai Gelontorkan Tampilan “Material You” untuk Gmail Versi Web

Selain dari segi tampilan, Andoird 13 juga membawa peningkatan fitur pemutar musik yang dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa musik yang didengarkan pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat mengontrol atau memilih bahasa yang berbeda-beda di tiap aplikasi, menyesuaikan kecerahan wallpaper, dan mengaktifkan tema gelap (Dark Mode) saat mode tidur (Bedtime mode) dinyalakan.

Peningkatan keamanan dan perlindungan

Android 13 Beta 2Google Android 13 Beta 2
Fitur utama kedua yang fokus pada keamanan, membawa fitur privasi baru saat berbagi foto dan video di aplikasi. Android 13 juga akan membatasi aksesibilitas aplikasi untuk mengakses foto/video tertentu saja, bukan semua foto di galeri pengguna.

Nantinya, akan muncul opsi “this app will have access to only the photos you select”/aplikasi ini hanya bisa mengakses foto yang telah Anda pilih".

Baca juga: Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali

Lalu, sistem juga bakal mecegah akses pengguna lain untuk melihat clipboard pengguna. Misalnya, ketika menyalin sebuah data pribadi atau bersifat sensitif, seperti nama, nomor telepon, email, dan sebagainya, Android 13 akan langsung menghapus riwayat tersebut secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Adapun dari fitur notifikasi, sistem operasi terbaru ini akan membantu pengguna mengontrol notifikasi dan memastikan pengguna menerima notifikasi yang sudah diizinkan saja.

Secara default, aplikasi yang diunduh di toko aplikasi Play Store, akan memberikan notifikasi. Namun, kali ini, setiap aplikasi yang diunduh bakal meminta izin pengguna untuk memunculkan notifikasi dari aplikasi.

Baca juga: Daftar HP Oppo yang Kebagian Android 13 Beta 2 dan Cara Updatenya

Integrasi ke berbagai perangkat

Fitur utama terakhir yang dibawa adalah membuat integrasi antar-perangkat lebih mulus. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengirimkan pesan dari Google Messages di ponsel yang bisa langsung diterima dan terintegrasi dengan laptop Chromebook.

Sistem ini serupa dengan dengan sistem iMessage yang dimiliki oleh Apple Macbook. Jadi, secara tidak langsung, pengguna dapat menyalin (copy) sebuah konten di ponsel Android dan bisa menempelkannya (paste) di tablet Android pengguna. Ataupun sebaliknya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com