Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

Kompas.com - 16/08/2022, 13:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Komponen komputer merupakan kumpulan komponen yang memiliki fungsi dalam menjalankan sebuah komputer. Komponen komputer sendiri terdiri dari komponen hardware, software, dan brainware.

Hardware merupakan perangkat keras komputer yang dapat dilihat secara nyata, dan dapat diraba. Perangkat ini juga menjadi alat yang memiliki peran penting dalam mengoperasikan komputer.

Berdasarkan fungsinya, hardware terbagi menjadi beberapa kategori yaitu input, output, process, dan storage device.

Untuk selengkapnya berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai input output processing dan storage device.

Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Input device

Input device merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer serta memungkinkan pengguna berinteraksi dan mengontrolnya.

Berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi dua yaitu peralatan input secara langsung dan tidak langsung.

Peralatan input secara langsung merupakan input device yang dimasukan secara langsung yang akan diproses tanpa memerlukan media lain, seperti keyboard, mouse, scanner dan lainnya. Sedangkan peralatan input tidak langsung, seperti disket, harddisk, dan lainnya.

  • Keyboard: keyboard adalah perangkat input paling umum dan sangat populer yang membantu memasukkan data ke komputer. Keyboard terdiri dari dua ukuran 84 tombol atau 101/102 tombol, namun saat ini keyboard dengan 104 tombol atau 108 tombol juga tersedia untuk Windows dan Internet
  • Mouse: mouse merupakan perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal yang memiliki kotak seukuran telapak tangan kecil dengan bola bundar di dasarnya berfungsi untuk menggerakkan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU saat tombol mouse ditekan
  • Scanner: alat ini bekerja mirip layaknya mesin fotokopi. Ini digunakan ketika beberapa informasi tersedia di atas kertas dan akan ditransfer ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut

Baca juga: Mengenal Bermacam Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja

Output device

Perangkat output adalah perangkat keras apa pun yang digunakan untuk mengirim data dari komputer ke perangkat atau pengguna lain.

Biasanya, sebagian besar periferal keluaran dimaksudkan untuk digunakan pengguna sehingga mereka menerima data yang diproses dari komputer dan mengubahnya dalam bentuk audio, video, atau reproduksi fisik.

Contoh umum perangkat keluaran adalah monitor dan proyektor (video), headphone dan speaker (audio), atau printer dan plotter (reproduksi fisik dalam bentuk teks atau grafik). Berikut ini beberapa pengertian contoh-contohnya.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.