6 Jenis Topologi Jaringan Komputer serta Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kompas.com - 16/08/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com- Sebagaimana umum diketahui, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya secara bersamaan seperti akses ke koneksi internet atau printer.

Untuk menghubungkan antar komputer, terdapat beberapa jenis topologi jaringan komputer. Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan pengertian topologi jaringan komputer di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Pengertian topologi jaringan komputer

Topologi jaringan komputer adalah metode atau cara untuk menghubungkan rute koneksi dan node dalam satu jaringan. Untuk diketahui, node adalah perangkat keras untuk menerima, meneruskan, dan menyebarkan data atau bisa juga disebut komputer.

Sedangkan rute koneksi, merupakan sambungan antar node sehingga bisa saling terhubung satu sama lain. Sambungan atau jembatan antar node itu biasanya dibuat menggunakan kabel jaringan (kabel LAN).

Seperti sempat disinggung di atas, dalam topologi jaringan komputer, terdapat beberapa jenis yang biasa dipakai. Lalu, apa saja topologi jaringan komputer?

Adapun beberapa jenis topologi jaringan komputer adalah topologi Mesh, Star, Ring, Bus, Tree, dan Hybrid. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai macam-macam topologi jaringan komputer bisa dilihat di bawah ini.

Macam-macam topologi jaringan komputer

1. Topologi Mesh

Ilustrasi topologi MeshKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi topologi Mesh

Topologi Mesh merupakan metode untuk menghubungkan node secara langsung menggunakan kabel jaringan, tanpa ada perantara. Kelebihan topologi Mesh adalah kesalahan pengiriman data bisa ditemukan dengan mudah.

Kemudian, pengiriman data juga dapat berjalan lebih aman lantara dilakukan melalui rute khusus. Sementara itu, kelemahan topologi Mesh adalah membutuhkan biaya yang lebih besar untuk penyediaan kabel jaringan.

2. Topologi Star

Ilustrasi topologi StarKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi topologi Star

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.