Merek Ponsel Terbesar di Indonesia: Samsung Teratas, Transsion Masuk 5 Besar

Kompas.com - 16/08/2022, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Canalys merilis laporan terbarunya terkait pengiriman (shipment) ponsel pintar (smartphone) di pasar Asia Tenggara pada kuartal-II 2022.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa total pengiriman ponsel di wilayah tersebut mencapai 24,5 juta unit di kuartal-II 2022, turun 11 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Dari angka 24,5 juta unit ini, Indonesia merupakan negara yang menyumbang pengiriman smartphone terbanyak dengan angka pengiriman sekitar 9 juta unit di kuartal-II 2022.

Menurut Canalys, kontribusi tersebut dipicu oleh momen Ramadan dan Idul Fitri, di mana konsumen biasanya menghabiskan tunjangan hari raya (THR) mereka untuk membeli smartphone baru.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Versi Counterpoint, Oppo Teratas

Canalys melanjutkan bahwa Samsung menjadi vendor smartphone teratas di Indonesia yang memiliki pangsa pasar terbesar pada kuartal-II 2022.

Dalam periode tersebut, perusahaan asal Korea Selatan itu tercatat memiliki pangsa pasar 20 persen atau telah mengirimkan ponselnya di Indonesia sekitar sebanyak 1,8 juta unit (20 persen dari 9 juta unit).

Kemudian ada Vivo dan Oppo yang mengisi tiga besar vendor smartphone di Indonesia di kuartal-II 2022, dengan pangsa pasar masing-masing 19 persen (1,7 juta unit) dan 18 persen (1,6 juta unit).

Menariknya, ada satu perusahaan yang untuk pertama kalinya menampakkan diri di daftar lima besar vendor smartphone teratas di Indonesia versi Canalys.

Vendor itu adalah Transsion, induk perusahaan dari sejumlah vendor smartphone asal China Infinix, Tecno, dan Itel, yang disebut belakangan gencar merilis produk terbarunya di Tanah Air dengan harga dan spesifikasi yang menggoda.

Baca juga: IDC: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia 2021, Oppo Teratas

Induk perusahaan smartphone asal China tersebut kini berada di posisi kelima dan memiliki pangsa pasar 13 persen (1,1 juta unit).

Grafis lima besar vendor yang menguasai pasar smartphone di Asia Tenggara versi Canalys.Canalys Grafis lima besar vendor yang menguasai pasar smartphone di Asia Tenggara versi Canalys.
Menurut Canalys, kehadiran Transsion sekaligus menggeser posisi Realme yang sebelumnya berada di posisi kelima selama beberapa kuartal terakhir.

Selengkapnya, berikut daftar vendor smartphone terbesar di Indonesia pada kuartal-II 2022 versi Canalys, lengkap dengan besaran pangsa pasarnya, sebagaimana keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (16/8/2022).

  1. Samsung - 20 persen (1,8 juta unit)
  2. Vivo - 19 persen (1,7 juta unit)
  3. Oppo - 18 persen (1,6 juta unit)
  4. Xiaomi - 16 persen (1,4 juta unit)
  5. Transsion - 13 persen (1,1 juta unit)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.