YouTube Rilis Fitur "Saweran" Super Chat dan Super Sticker di Indonesia

Kompas.com - 16/08/2022, 15:20 WIB

KOMPAS.com - Google mengumumkan hadirnya fitur Super Chat dan Super Sticker untuk YouTube di Indonesia. Kedua fitur ini sudah dapat digunakan pengguna untuk memberikan apresiasi (saweran) kepada kreator konten live streaming di YouTube.

Menurut Product Manager YouTube, Barbara Macdonald, kreator YouTube di Indonesia sudah banyak memanfaatkan fitur langganan channel (channel membership) untuk membangun kedekatan dengan fans atau penonton.

Pada Juni 2021, YouTube mencatat lebih dari 50.000 penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube, naik lebih dari 500 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Penonton Live Streaming Habiskan Jutaan Rupiah demi Sawer Kreator, Apa Motivasinya??

Pada saat yang sama, lebih dari 1.500 channel di Indonesia memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube seperti langganan channel. Jumlah ini naik 2.400 persen dari tahun sebelumnya.

"Mengingat banyak kreator yang sukses memanfaatkan langganan channel di Indonesia, kami kira akan ada peluang besar untuk menghadirkan lebih banyak fitur monetisasi. Untuk itu, kami memperluas Super Chat dan Super Sticker ke Indonesia," kata Barbara Macdonald dalam konferensi pers virtual yang digelar Selasa (16/8/2022).

Apa itu Super Chat?

Super Chat adalah fitur yang akan menghighlight chat agar tampil berbeda dibanding chat lainnya. Sederhananya, Super Chat semacam "pesan berbayar" karena harus dibeli pengguna agar bisa digunakan.

Ilustrasi fitur Super Chat YoutubeGoogle Ilustrasi fitur Super Chat Youtube

Dalam praktiknya, ketika fitur Super Chat digunakan, penonton akan mendapati beberapa opsi warna dan harga. Semakin tinggi harganya, semakin lama pula durasi chat berbayar itu muncul atau di hightlight di antara chat lainnya. Paling lama, durasi Super Chat yang muncul adalah hingga 5 jam, sehingga chat tersebut bisa dilihat oleh lebih banyak penonton.

Baca juga: Cerita Kreator Konten yang Raup Saweran hingga Rp 10 Juta Per Bulan dari Live Streaming

Selain itu, warnanya Super Chat juga dibuat lebih dominan dibanding chat lainnya, sehingga kreator bisa mengetahui penonton mana yang memberikannya apresiasi menggunakan fitur Super Chat.

Apa itu Super Sticker?

Serupa dengan Super Chat, Super Sticker adalah item berupa stiker yang dapat dibeli pengguna untuk memberikan apresiasi kepada kreator selama streaming langsung.

Sticker yang dibeli pengguna nantinya akan tampil pada laman obrolan selama streaming langung, seperti chat berupa teks atau Super Chat. Hanya saja, Super Sticker akan ditampilkan dalam ukuran yang lebih besar dibanding teks dan dihias dengan wadah berwarna-warni seperti Super Chat.

Ilustrasi fitur Super Sticker YoutubeYoutube Ilustrasi fitur Super Sticker Youtube

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.