Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Rilis Fitur "Saweran" Super Chat dan Super Sticker di Indonesia

Kompas.com - 16/08/2022, 15:20 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google mengumumkan hadirnya fitur Super Chat dan Super Sticker untuk YouTube di Indonesia. Kedua fitur ini sudah dapat digunakan pengguna untuk memberikan apresiasi (saweran) kepada kreator konten live streaming di YouTube.

Menurut Product Manager YouTube, Barbara Macdonald, kreator YouTube di Indonesia sudah banyak memanfaatkan fitur langganan channel (channel membership) untuk membangun kedekatan dengan fans atau penonton.

Pada Juni 2021, YouTube mencatat lebih dari 50.000 penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube, naik lebih dari 500 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: Penonton Live Streaming Habiskan Jutaan Rupiah demi Sawer Kreator, Apa Motivasinya??

Pada saat yang sama, lebih dari 1.500 channel di Indonesia memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube seperti langganan channel. Jumlah ini naik 2.400 persen dari tahun sebelumnya.

"Mengingat banyak kreator yang sukses memanfaatkan langganan channel di Indonesia, kami kira akan ada peluang besar untuk menghadirkan lebih banyak fitur monetisasi. Untuk itu, kami memperluas Super Chat dan Super Sticker ke Indonesia," kata Barbara Macdonald dalam konferensi pers virtual yang digelar Selasa (16/8/2022).

Apa itu Super Chat?

Super Chat adalah fitur yang akan menghighlight chat agar tampil berbeda dibanding chat lainnya. Sederhananya, Super Chat semacam "pesan berbayar" karena harus dibeli pengguna agar bisa digunakan.

Ilustrasi fitur Super Chat YoutubeGoogle Ilustrasi fitur Super Chat Youtube

Dalam praktiknya, ketika fitur Super Chat digunakan, penonton akan mendapati beberapa opsi warna dan harga. Semakin tinggi harganya, semakin lama pula durasi chat berbayar itu muncul atau di hightlight di antara chat lainnya. Paling lama, durasi Super Chat yang muncul adalah hingga 5 jam, sehingga chat tersebut bisa dilihat oleh lebih banyak penonton.

Baca juga: Cerita Kreator Konten yang Raup Saweran hingga Rp 10 Juta Per Bulan dari Live Streaming

Selain itu, warnanya Super Chat juga dibuat lebih dominan dibanding chat lainnya, sehingga kreator bisa mengetahui penonton mana yang memberikannya apresiasi menggunakan fitur Super Chat.

Apa itu Super Sticker?

Serupa dengan Super Chat, Super Sticker adalah item berupa stiker yang dapat dibeli pengguna untuk memberikan apresiasi kepada kreator selama streaming langsung.

Sticker yang dibeli pengguna nantinya akan tampil pada laman obrolan selama streaming langung, seperti chat berupa teks atau Super Chat. Hanya saja, Super Sticker akan ditampilkan dalam ukuran yang lebih besar dibanding teks dan dihias dengan wadah berwarna-warni seperti Super Chat.

Ilustrasi fitur Super Sticker YoutubeYoutube Ilustrasi fitur Super Sticker Youtube

Di Indonesia, fitur Super Chat dan Super Sticker sebenarnya sudah tersedia sejak bulan lalu, namun baru diumumkan resmi oleh YouTube. Dengan demikian, fitur itu sudah bisa digunakan oleh semua pengguna yang berlangganan saluran YouTube mulai hari ini.

Barbara juga menyatakan bahwa baik fitur Super Chat maupun Super Sticker bisa dibeli pengguna di Indonesia, dengan sejumlah metode pembayaran termasuk kartu kredit, debit, e-Wallet, Google Play, pulsa dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Bikin Konten Live Streaming Agar Menarik Banyak Penonton dan Raup Banyak Uang

Fitur Super Chat dan Super Sticker sendiri melengkapi beragam opsi monetisasi YouTube bagi kreator di Indonesia. Sejauh ini terdapat empat opsi monetisasi yang disediakan YouTube mulai dari YouTube ads, YouTube Premium, channel membership dan YouTube Shorts Fund.

Dengan hadirnya Super Chat dan Super Sticker, total opsi monetisasi YouTube di Indonesia saat ini tersedia dalam enam opsi.

Super Thanks segera menyusul

Selain keenam opsi di atas, Google juga berencana menghadirkan fitur Super Thanks. Hampir serupa dengan Super Chat dan Super Sticker, Super Thanks juga dirancang sebagai alternatif bagi penonton untuk memberikan apresiasi ke kreator selama live streaming.

Perbedaannya adalah pada formatnya, karena Super Thanks menggunakan animasi menarik dan tampilannya terlihat pada halaman video. Meski demikian, akan muncul pula keterangan pada kolom chat jika pengguna mengirimkan apresiasi Super Thanks ke kreator.

Pengguna juga bisa membuat pesan khusus selain animasi tersebut, dan pesannya akan ditampilkan pada kolom chat.

Fitur ini disebut akan tersedia di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang. Namun Barbara tak merinci jadwal peluncuran fitur Super Thanks di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com