Apa yang Terjadi jika Tak Update iOS pada iPhone? Begini 3 Dampaknya

Kompas.com - 16/08/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com- Memperbarui atau update iOS penting untuk dilakukan oleh pengguna iPhone. Ini dikarenakan iOS terbaru umumnya membawa sejumlah perbaikan sistem dan peningkatan performa pada iPhone.

Update iOS bukan hanya berguna untuk memperoleh tampilan antarmuka yang lebih segar, namun juga untuk mendapat perbaikan pada sejumlah bug, peningkatan sistem keamanan, dan pengaturan konsumsi daya dan memori yang lebih hemat.

Baca juga: Cara Download dan Instal iOS 16 Beta serta Daftar iPhone yang Mendukung

Dalam pengaturan perangkat secara default, iPhone bakal melakukan update iOS secara otomatis bila telah tersedia dan kompatibel. Kendati demikian, pengguna bisa saja menonaktifkan fitur update iOS otomatis tersebut.

Dengan menonaktifkan fitur itu, pengguna mungkin bakal tak segera melakukan update iOS. Mengingat fungsinya yang cukup penting, lantas apa yang terjadi jika kita tak update iOS? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan dampak tak update iOS.

Dampak tak update iOS

1. Menjumpai banyak bug yang mengganggu kinerja iPhone

Dampak tak update iOS yang pertama kali bisa dirasakan adalah akan menjumpai banyak bug. Misalnya, saat iOS 15.1 dirilis, terdapat sejumlah perbaikan bug pada aplikasi Weather yang tidak dapat menampilkan informasi suhu secara akurat di lokasi terkini.

Kemudian, perbaikan diberikan pada masalah laporan penggunaan memori penyimpanan yang tidak akurat. iOS 15.1 kala itu juga membawa perbaikan bug pada masalah iPhone tidak dapat mendeteksi jaringan WiFi terdekat.

Bayangkan bila tak segera melakukan pembaruan iOS, kinerja iPhone bakal terganggu lantaran terdapat bug yang menumpuk, sebagaimana contoh di atas.

2. Tidak bisa mengakses fitur terbaru

Dampak tak update iOS yang kedua adalah tidak bisa mengakses fitur terbaru dari Apple di iPhone. Tak semua fitur baru mungkin berguna dan dibutuhkan oleh pengguna. Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, fitur baru dari iOS dapat kian memudahkan pengguna.

Baca juga: 3 Cara Membuat Apple ID atau iCloud via iPhone, Macbook, dan Website

Misalnya, seperti fitur buka Face ID dengan menggunakan masker, yang tersedia di iOS 15.4 pada seri iPhone 12 dan yang lebih baru. Tanpa melakukan update iOS, fitur yang cukup berguna tersebut tak bakal bisa diakses.

3. Rentan mengalami peretasan

Terakhir, iOS yang tidak segera diperbarui berbulan-bulan dapat mengakibatkan iPhone rentan mengalami peretasan. Sebagaimana sempat disinggung di atas, update iOS seringkali membawa peningkatan sistem keamanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.