Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator YouTube, Ini Cara Aktifkan Super Chat dan Super Sticker

Kompas.com - 16/08/2022, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google mengumumkan hadirnya fitur Super Chat dan Super Sticker untuk pengguna YouTube di Indonesia. Kedua fitur ini sudah dapat digunakan untuk memberikan apresiasi kepada kreator konten live streaming di YouTube.

Bagi kreator, Super Chat dan Super Sticker menjadi tambahan opsi monetisasi saluran YouTube-nya.

Super Chat sendiri adalah fitur yang akan menghighlight chat agar tampil berbeda dibanding chat lainnya.

Sederhananya, Super Chat semacam "pesan berbayar" karena harus dibeli pengguna, agar bisa digunakan dan muncul dalam kolom komentar selama live streaming berlangsung.

Baca juga: YouTube Rilis Fitur Saweran Super Chat dan Super Sticker di Indonesia

Serupa dengan Super Chat, Super Sticker adalah item berupa stiker yang dapat dibeli pengguna, untuk memberikan apresiasi kepada kreator selama streaming langsung.

Stiker tersebut nantinya akan muncul pada kolom chat atau komentar, ketika kreator menggelar live streaming.

Syarat kreator dapat fitur Super Chat dan Super Sticker

Semua pengguna bisa memakai fitur Super Chat maupun Super Sticker untuk memberikan apresiasi, dengan asumsi kreator mengaktifkan fitur tersebut.

Adapun kreator yang bisa memanfaatkan fitur ini, menurut Product Manager YouTube, Barbara Macdonald, yaitu mereka yang tergabung pada program Partner YouTube.

Dikutip dari laman Google, Program Partner YouTube (YPP) adalah program yang memberi kreator akses ke referensi dan fitur monetisasi YouTube. Program ini juga memungkinkan pembagian hasil dari iklan yang ditayangkan di konten pengguna.

Di antara syarat kreator bisa tergabung ke Program Partner YouTube yaitu:

  • Punya lebih dari 1.000 subscriber
  • Punya lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik (watch time) yang valid selama 12 bulan terakhir
  • Tinggal di negara/wilayah yang didukung Program Partner YouTube. Khusus untuk penggunaan fitur Super Chat maupun Super Sticker, kreator harus tinggal di negara yang kebagian fitur tersebut yang kini tersedia di 97 negara.
  • Punya akun AdSense yang ditautkan

Cara Aktivasi Fitur Super Chat dan Super Sticker

Bagi kreator yang ingin mengaktifkan fitur Super Chat dan Super Sticker, caranya dengan login situs studio.YouTube.com. Rinciannya sebagai berikut:

  • Login ke studio.YouTube.com.
  • Klik menu Monetisasi yang tersedia pada sejumlah menu di panel kiri tampilan YouTube Studio
  • Klik opsi Supers yang tersedia pada dasbor monetisasi channel
  • Klik Mulai atau Get Started dan ikuti petunjuk di layar
  • Setelah mengikuti semua tahapan di atas, kreator sudah mengaktifkan dan menggunakan fitur Super Chat dan Super Sticker untuk berbagai konten streamingnya

YouTube juga memungkinkan kreator untuk menonaktifkan fitur Super Chat dan Super Sticker pada salurannya dengan menempuh cara yang sama seperti di atas.

Baca juga: Tips Bikin Konten Live Streaming Agar Menarik Banyak Penonton dan Raup Banyak Uang

Tombol untuk mematikan fitur Super Chat dan Super Sticker tersedia di samping keterangan “Status Super Chat aktif” dan “Status Super Stickers aktif”.

Fitur Super Chat dan Super Sticker sendiri melengkapi beragam opsi monetisasi YouTube bagi kreator di Indonesia. Sejauh ini terdapat empat opsi monetisasi yang disediakan YouTube mulai dari YouTube ads, YouTube Premium, channel membership dan YouTube Shorts Fund.

Dengan hadirnya Super Chat dan Super Sticker, total opsi monetisasi YouTube bagi kreator di Indonesia, saat ini tersedia dalam enam opsi.

YouTube juga berencana menghadirkan opsi lain yaitu Super Thanks, yang akan tersedia di Indonesia pada beberapa waktu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com