Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Penampakan Kamera Xiaomi 12T Pro Bertuliskan 200 MP

Kompas.com - 16/08/2022, 20:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu lalu, Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel terbaru yang dibekali kamera 200 MP. Ponsel tersebut konon adalah Xiaomi 12T Pro.

Baru-baru ini, kabar tersebut kembali muncul di dunia maya. Sebuah bocoran penampakan kamera belakang Xiaomi 12T Pro muncul. Bocoran tersebut diungkap oleh sebuah blog teknologi asal Perancis, Phonandroid.

Dalam laporannya, Phonandroid melampirkan sebuah gambar modul kamera belakang yang diduga Xiaomi 12T Pro. Sebab, bentuk modul tersebut mirip dengan lini Xiaomi 12 series. 

Dari gambar tersebut, modul kamera yang dimiliki berbentuk persegi, sedikit menonjol dari penampang ponsel, dan berwarna hitam.

Baca juga: Daftar Harga HP Xiaomi dan Poco Terbaru per Agustus 2022

Ada tiga kamera dalam modul tersebut. Kamera dengan ukuran lensa paling besar diletakkan di bagian atas, dan dua kamera lainnya diposiskan di bawah secara vertikal. Ketiga kamera tersebut juga ditemani LED flash berbentuk pil.

Jika dilihat lebih dekat, di bagian bawah flash itulah terdapat tulisan “200 MP” berukuran kecil, diposisikan secara vertikal. 

Bocoran tampilan kamera belakang Xiaomi 12T ProPhonandroid Bocoran tampilan kamera belakang Xiaomi 12T Pro

Bila prediksi ini benar, maka Xiaomi 12T Pro bakal menjadi smartphone dengan kamera beresolusi tertinggi yang pernah diproduksi oleh Xiaomi. Dikarenakan ponsel dengan resolusi tertinggi saat ini adalah Redmi K50 Ultra (108 MP).

Dilansir KompasTekno dari GizChina, Kamis (18/8/2022), Xiaomi 12T sendiri merupakan hasil rebranding dari Redmi K series untuk pasar Global.

Sehingga muncul dugaan bahwa Xiaomi 12T Pro juga akan berasal dari rebranding seri Redmi yang sudah lebih dulu dirilis yaitu Redmi K50 Ultra.

Dugaan ini diperkuat oleh nomor model dari kedua ponsel yang mirip. Nomor model Redmi K50 Ultra adalah “22081212C” sementara ponsel yang disinyalir sebagai Xiaomi 12T Pro mengusung nomor model “22081212UG”.

Di sana terdapat perbedaan huruf akhiran di bagian nomor model, embel-embel huruf “C” diduga pasar China, dan huruf “G” diduga pasar global.

Baca juga: Xiaomi Redmi K50 Ultra Meluncur dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1

Redmi K50 Ultra varian warna biru.GizChina Redmi K50 Ultra varian warna biru.
Bocoran spesifikasi Xiaomi 12T Pro

Dari bocoran yang sudah banyak beredar di dunia maya, Xiaomi 12T Pro kemungkinan bakal memiliki layar AMOLED dengan bentang seluas 6,67 inci. Resolusi adalah 2.712 x 1220 piksel, refresh rate 144 Hz, disertai HDR10+, dan sudah mendukung fitur Dolby Vision.

Selain kamera 200 MP yang dimiliki perangkat, Xiaomi 12T Pro diyakini bakal memiliki kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2MP, dan kamera depan 20 MP.

Konon, perangkat ini akan mengandalkan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Chipset tersebut bakal dipadukan dengan dua varian RAM dan media penyimpanan, yakni 8 GB RAM dan 128 GB memori, dan 12 GB RAM dan 512 GB memori.

Baca juga: Xiaomi Pad 5 Pro Versi Upgrade Meluncur, Harga Mulai Rp 6 Jutaan

Dari sektor daya, Xiaomi 12T Pro ditengarai bakal ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAH didukung fast charging 120 watt.

Perlu digarisbawahi bahwa spesifikasi di atas masih bersifat rumor dan belum pasti. Kemungkinan masih ada perubahan yang bakal dilakukan. Xiaomi 12T Pro sendiri juga belum diketahui kapan akan diluncurkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com