Cara Membagikan Password WiFi di iPhone dengan Kode QR, Sudah Coba?

Kompas.com - 17/08/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com- Apakah iPhone bisa berbagi sandi WiFi? Membagikan password WiFi di iPhone sebenarnya bisa dilakukan, namun bukan berarti itu mudah. Sistem iPhone yang cukup eksklusif kadang kala bisa merepotkan penggunanya.

Sebagaimana umum diketahui, iPhone tidak dibekali dengan kemampuan untuk berbagi password WiFi ke perangkat lain, seperti yang terdapat pada ponsel berbasis Android kebanyakan.

Baca juga: Cara Cari Judul Lagu dengan Suara di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Membagikan password WiFi di iPhone sejatinya hanya bisa dilakukan ke sesama perangkat Apple, seperti Macbook, iPad, atau iPhone lain. Sedangkan berbagi sandi WiFi di ponsel Android, seperti Xiaomi, bisa dilakukan ke perangkat lain lewat pemindaian kode QR.

Sementara itu, untuk membagikan password WiFi di iPhone ke sesama perangkat Apple, caranya bukan menggunakan pemindaian kode QR seperti ponsel Android. Namun, menggunakan sambungan Bluetooth dan WiFi.

Supaya bisa berbagi password WiFi lewat sambungan itu, kedua perangkat harus saling menyimpan kontak Apple ID masing-masing terlebih dahulu. Bagi sebagian pengguna, cara tersebut mungkin bakal terasa cukup ribet.

Di satu sisi, sebenarnya terdapat cara membagikan password WiFi di iPhone yang lebih mudah, dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi pihak ketiga Visual Code. Aplikasi ini punya fitur utama untuk mengonversi data menjadi kode QR.

Jadi, melalui fitur dari Visual Code, pengguna bisa membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR. Kemudian, kode QR tersebut bisa dipindai pada perangkat lain (tak harus perangkat Apple) untuk bisa bergabung ke jaringan WiFi yang terhubung di iPhone.

Lantas, bagaimana cara membagikan kata sandi WiFi di Phone dengan kode QR? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR melalui aplikasi Visual Code.

Baca juga: 3 Cara Membuat Apple ID atau iCloud via iPhone, Macbook, dan Website

Cara membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR

  • Unduh aplikasi Visual Code melalui App Store, lalu instal di iPhone.
  • Setelah berhasil terinstal, silakan buka aplikasi Visual Code dan pilih menu “Add Code”.
  • Kemudian, pilih opsi pembuatan kode QR untuk “WiFi”.
  • Selanjutnya, silakan isi informasi mengenai nama dan password WiFi.
  • Bila telah selesai, silakan klik opsi “Create Code”.
  • Kode QR yang berisi data nama dan password WiFi sekarang telah berhasil dibuat.
  • Tunjukan kode QR tersebut ke perangkat lain untuk dipindai.
  • Setelah berhasil dipindai, bakal terdapat opsi pada perangkat lain untuk menghubungkan ke jaringan WiFi yang dipakai iPhone. Saat opsi tersebut diklik, perangkat lain bakal otomatis tersambung dengan jaringan WiFi yang terhubung di iPhone.

Ilustrasi cara membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR melalui Visual Code.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR melalui Visual Code.

Baca juga: Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Cukup mudah bukan membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 15.5. Beda versi iOS yang dipakai, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Itulah informasi seputar cara membagikan password WiFi di iPhone dengan kode QR melalui aplikasi Visual Code, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.