Apakah Apple ID dan iCloud Sama? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 17/08/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna baru iPhone, iPad, atau Macbook, mungkin bakal sedikit kebingungan dengan beberapa istilah layanan Apple, seperti Apple ID dan iCloud. Tak jarang kedua layanan tersebut disamakan, padahal sejatinya berbeda.

Lantas, apa perbedaan Apple ID dan iCloud? Untuk mengetahui perbedaan Apple ID dan iCloud, bisa dimulai dengan memahami dulu apa yang dimaksud dengan Apple ID dan apa itu iCloud, begini penjelasannya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Apple ID atau iCloud Kena Hack?

Apa yang dimaksud dengan Apple ID?

Apple ID adalah akun pengguna khusus untuk perangkat Apple saja. Bila di perangkat berbasis Android, Apple ID bisa dikatakan mirip dengan akun Google, akun Samsung, akun Mi, dan sebagainya.

Fungsi dari Apple ID sendiri adalah untuk mengakses layanan utama Apple, seperti mengunduh aplikasi di App Store, mengunduh lagu atau musik di iTunes, mengaktifkan fitur pencarian perangkat “Find My”, dan masih banyak lagi.

Tanpa Apple ID, perangkat Apple seperti iPhone, iPad, atau Macbook, tak akan bisa mengakses layanan-layanan tersebut. Oleh karena itu, pengguna wajib untuk membuat dan login Apple ID di perangkat Apple miliknya.

Untuk membuat Apple ID, caranya bisa dilakukan langsung di perangkat Apple atau situs web https://appleid.apple.com/. Penjelasan yang lebih lengkap silakan baca langsung di artikel ini “Cara membuat Apple ID di iPhone, Macbook, dan Website”.

Sementara Apple ID adalah akun pengguna perangkat Apple, lalu bagaimana dengan iCloud? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai iCloud.

Baca juga: 2 Cara Backup iPhone dengan Mudah via iTunes dan iCloud

Apa itu iCloud?

iCloud adalah layanan berbasis Cloud buatan Apple yang didesain khusus untuk perangkatnya saja. Secara bentuk layanan, iCloud bisa dikatakan mirip dengan platform seperti Gdrive, Dropbox, dan sebagainya.

Dengan iCloud, pengguna bisa mencadangkan dan memulihkan data pada perangkat Apple miliknya di Cloud kapan pun. Layanan iCloud tersebut cukup berfungsi ketika pengguna hendak beralih perangkat Apple.

Beberapa data di perangkat Apple seperti dokumen, foto, video, pesan, dan sebagainya, bisa tersimpan semua di iCloud. Saat ingin beralih perangkat Apple, misal dari iPhone lama ke iPhone baru, data itu dapat dipulihkan kembali lewat iCloud.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.