Indonesia Kirim 13 Pengembang Game Lokal ke Jerman

Kompas.com - 17/08/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 13 pengembang (developer) game lokal akan mewakili Indonesia di ajang Gamescom di Jerman. Gamescom adalah ajang pameran bisnis game bertaraf internasional yang akan digelar di Kota Koln, Jerman mulai 24-27 Agustus 2022 mendatang.

Hal itu bisa terwujud berkat dukungan kerja sama beberapa lembaga, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

"Jadi ini berangkatnya ke Kota Koln, Jerman dan 13 peserta kita harapkan bisa kembali membawa banyak perjanjian bisnis. Ada game developers studio, ada perusahaan game publishing, dan perusahaan game services," kata Menparekraf, Sandiaga Uno, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Antara News, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Game Gelimpang Buatan Pengembang Lokal Meluncur di Android

Pemerintah berharap, upaya ini akan mendorong pengembang game asal Indonesia memperluas potensi bisnisnya di mancanegara.

"Kami mengharapkan performa yang optimal untuk B2B (antar-bisnis) ini," imbuh Sandiaga.

Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup rutin berpartisipasi dalam pameran bisnis game bertaraf internasional Gamescom dalam beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, Sandiaga mengatakan, ini pertama kalinya Indonesia ikut serta di ajang Gamescom secara luring (offline).

Sebab, selama pandemi, Gamescom berlangsung secara virtual. Meskipun begitu, beberapa perjanjian kerja sama berhasil disepakati. Dalam ajang Gamescom 2021 lalu, peserta perwakilan asal Indonesia berhasil membukukan kesepakatan bisnis senilai Rp 30 miliar.

Mengingat tahun ini Gamescom 2022 bakal diadakan secara luring di Koln, Jerman, delegasi Indonesia diharapkan bisa menjalin kerja sama kembali, bahkan mampu melampaui tahun-tahun sebelumnya.

"Karena belum keluar angkanya, saya targetkan untuk tahun ini bisa dua kali lipat ya (kesepakatan bisnisnya), jadi Rp 60 miliar," tutur Sandi.

Baca juga: Menkominfo: IGDX 2021 Bantu Perkembangan Industri Game Lokal

Adapun 13 pengembang asal Indonesia yang akan berangkat ke Jerman terdiri dari Agate, Big Fire Studios, Arsanesia, Devata Game Production, IOTA Creative Digital Company, Megaxus, Niji Games, UMN Pictures dan masih banyak lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.