Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Rilis 7 September 2022?

Kompas.com - 18/08/2022, 08:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 14 sempat dikabarkan bakal merilis pada 13 September mendatang. Kini, informasi terbaru lainnya menyebut iPhone 14 akan meluncur lebih awal, yaitu pada 7 September 2022.

Apabila prediksi tanggal peluncuran iPhone 14 ini benar, pembeli sudah dapat menunggu kedatangan ponsel teranyar itu kurang dari satu bulan lagi.

Kabar mengenai tanggal rilis iPhone 14 ini diungkap oleh salah satu reporter teknologi Bloomberg bernama Mark Gurman. Laporan tersebut ditulis berdasarkan pernyataan narasumber yang diklaim mengetahui informasi peluncuran iPhone 14.

Baca juga: iPhone 14 Rilis 13 September?

Kabarnya, selain iPhone 14 series, Apple juga bakal mengenalkan Apple Watch Series 8 dalam acara peluncurannya nanti.

Menurut Mark, seri iPhone 14 Pro akan memiliki upgrade di sektor kamera, dan mengusung chip yang lebih kencang.

Bocoran spesifikasi iPhone14

Bocoran spesifikasi iPhone 14 series sudah bertebaran di internet setahun belakangan, bahkan sebelum iPhone 13 resmi diluncurkan. Salah satu yang cukup santer beredar adalah perubahan penamaan model di lini iPhone 14 series.

Mulai dari rumor iPhone “Mini” yang kabarnya akan berganti nama menjadi iPhone “Max”. Bila rumor tersebut benar, susunan model iPhone 14 series terdiri dari iPhone 14 “reguler” dengan bentang layar 6,1 inci, iPhone Max (6,7 inci), iPhone Pro (6,1 inici) dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Lalu, perubahan lainnya bakal terdapat pada model layar depan yang diusung iPhone 14 versi “Pro”. Konon, layar depan iPhone tersebut bakal menghilangkan takik, alias poni depan, menjadi layar berlubang (punch hole). Alih-alih satu, akan ada dua punch hole, satunya berbentuk bulat kecil dan lubang lainnya berbentuk oval seperti pil.

Lubang kecil tersebut akan berukuran seperti kamera depan, sedangkan lubang yang berbentuk pil nanti kemungkinan bakal digunakan sebagai sensor Face ID. Dengan memangkas poni, layar yang dihadirkan iPhone 14 versi “Pro” bakal lebih luas dibanding sebelumnya.

Baca juga: Inikah Wujud iPhone 14 Pro Max yang Punya Dua Lubang Kamera?

Selain desain, iPhone 14 versi “Pro” bakal mengandalkan chipset teranyar dari Apple, yakni A15 Bionic Apple yang dinilai lebih “ngebut” dibanding sebelumnya. Sementara itu, iPhone 14 versi “reguler” tetap akan ditenagai oleh chipset yang sama dengan iPhone 13 series, yakni A14 Bionic Apple.

Perubahan lain terletak di sektor fotografi. Kabarnya, iPhone 14 versi “Pro” akan dibekali kamera dengan sudut pandang lebih lebar beresolusi 48 mega piksel (MP). Lalu, akan terdapat kamera telefoto 12 MP.

Sistem operasi (OS) yang bakal dijalankan iPhone 14 adalah iOS 16, sistem operasi terbaru dari iPhone yang baru saja resmi diluncurkan. Apple juga disebut akan meningkatkan performa perekaman video dan kapasitas baterai yang digunakan.

Baca juga: iPhone 14 Series Keluar dari Tradisi, Disebut Bakal Meluncur Lebih Cepat

Apple Watch Series 7 resmi dijual di Indonesia.ibox.co.id Apple Watch Series 7 resmi dijual di Indonesia.
Bocoran spesifikasi Apple Watch 8 series

Apple Watch 8 series dilaporkan memiliki desain dan bentuk yang terlihat mirip dengan pendahulunya. Namun, arloji pintar untuk versi “Pro” bakal didesain lebih sporty, menyesuaikan target audiens yang menyukai olahraga.

Layar smartwatch tersebut digadang-gadang bakal lebih besar, menggunakan pelindung (casing) dari titanium yang diklaim kokoh, memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, dan beberapa penambahan fitur lainnya.

Terdapat dua fitur tambahan yang diduga bakal dimiliki Apple Watch 8 series, yaitu fitur pelacakan kebugaran baru, fitur untuk kesehatan wanita, dan mengecek sensor suhu tubuh. Fitur-fitur tersebut sebelumnya absen di Apple Watch 7 series.

Baca juga: Apple Watch Series 7 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Menurut rumor yang beredar, Apple juga tengah mempersiapkan Apple Watch SE yang dibanderol lebih murah dari model lain. Kemungkinan Apple Watch 8 series bakal menjalankan sistem operasi watchOS 9.

Apple kabarnya hanya akan mengadakan peluncuran secara virtual, alih-alih melakukannya secara luring. Kabarnya, sejumlah karyawan Apple sudah mulai proses produksi perekaman untuk video presentasi iPhone 14 series.

Saat dikonfirmasi, juru bicara Apple menolak untuk memberikan komentar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (18/8/2022).

Terlebih, prediksi acara peluncuran masih tiga minggu lagi, yang artinya masih bisa berubah, tergantung pengumuman resmi Apple. Hingga saat ini, Apple masih belum memberi pengumuman resmi peluncuran iPhone 14 series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com