Terlempar dari 5 Besar Indonesia, Realme Anggap Lumrah

Kompas.com - 18/08/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset pasar Canalys menerbitkan laporan baru 5 besar vendor ponsel di Indonesia, untuk kuartal II-2022. Menurut laporan tersebut, Realme tak lagi masuk dalam daftar 5 teratas di Indonesia pada kuartal II-2022.

Nama Realme kini digantikan oleh Transsion, induk dari merek Tecno dan Infinix. Adapun posisi lainnya masih dikuasai oleh merek-merek kenamaan seperti kuartal sebelumnya, yaitu Samsung, Vivo, Oppo dan Xiaomi.

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director Realme Indonesia Michonne Wang berkata bahwa dinamika pasar ponsel di tengah tantangan ekonomi seperti saat ini adalah hal yang wajar. Meski demikian, pihaknya yakin bisa menjadi merek teratas di Indonesia. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah pengguna Realme di Indonesia menjadi 15 juta.

Baca juga: Analisis Mengapa Induk Infinix Bisa Tendang Realme dari 5 Besar Indonesia

"Seperti kita ketahui di tengah tantangan ekonomi, menjadi hal yang lumrah bagi (pertumbuhan bisnis) perusahaan untuk naik turun sementara," ujar Michonne Wang dalam konferensi peluncuran produk baru Realme yang digerlar virtual hari ini, Kamis (18/8/2022).

"Itu adalah fenomena pasar yang normal. Kami percaya akan menjadi top player di Indonesia, seperti terlihat pada pertumbuhan solid Realme yang meraih 15 juta pengguna," lanjutnya.

Michonne juga mengeklaim jika harga jual rata-rata (Average Selling Price) produk Realme di Indonesia meningkat, terlepas dari pangsa pasarnya yang menurun pada kuartal ini.

Hal ini diklaim menjadi indikasi bahwa strategi Realme untuk ponsel kelas menengah hingga high-end berjalan dengan baik.

"Meskipun pangsa pasar cukup turun, tapi Average Selling Price tetap naik. Jadi kami percaya strategi yang kami jalankan untuk mid end ke high end sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Ke depannya, Michonne berkata akan berupaya untuk mengembalikan posisi Realme ke 5 vendor teratas Indonesia. Caranya yaitu dengan memenuhi kebutuhan pengguna dan tetap menjadi brand favorit pengguna kalangan muda.

Baca juga: Infinix Klaim Tinggal Tunggu Waktu Jadi 5 Besar Merek Ponsel di Indonesia

"Kami percaya kami bisa melanjutkan dan mengembalikan posisi kami kembali segera dan membuat kesuksesan jangka panjang. Jadi kami akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna, tetap menjadi brand favorit bagi pengguna muda, serta menjaga semangat 'Dare to Leap' untuk mencapai kesuksesan jangka panjang," papar Michonne.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.