Penyebab dan Cara Mengatasi Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Prakerja

Kompas.com - 18/08/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Supaya bisa mendapat insentif dari program kartu Prakerja, peserta harus memiliki sertifikat pelatihan terlebih dahulu. Untuk diketahui, sertifikat Prakerja merupakan tanda bahwa peserta telah mengikuti pelatihan kerja.

Sertifikat tersebut dapat diakses peserta melalui halaman dashboard situs web “Prakerja.go.id”. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, kadang bisa jadi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Baca juga: Kenapa Akun Prakerja Diblokir? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lantas, kenapa sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Masalah sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard bisa disebabkan karena beberapa faktor. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard

  • Peserta belum menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus oleh lembaga penyedia pelatihan kerja.
  • Seandainya telah dinyatakan lulus, tapi sertifikat tidak juga muncul, bisa disebabkan juga karena lembaga pelatihan belum mengirimkan laporan penyelesaian pelatihan ke platform digital mitra Prakerja (Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan sebagainya).
  • Penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard yang berikutnya adalah platform digital mitra Prakerja belum mengirim laporan dari lembaga pelatihan ke Manajemen Pelaksana Prakerja.
  • Belum memberikan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan kerja di halaman dashboard Prakerja.
  • Terdapat perbedaan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dengan akun Prakerja. Alhasil, sertifikat bisa tidak segera muncul di dashboard.

Dengan beberapa penyebab di atas, lantas bagaimana cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Simak, penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman bantuan Kementerian Ketenagakerjaan.

Cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard

  • Pastikan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dan akun Prakerja, telah sesuai.
  • Pastikan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dari lembaga penyedia pelatihan.
  • Bila telah menyelesaikan pelatihan, silakan masukkan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan lewat menu “Pelatihanmu” di dashboard Prakerja.
  • Jika sertifikat belum muncul, coba hubungi Call Center platform digital mitra Prakerja untuk membantu memeriksa proses laporan penyelesaian pelatihan. Daftar Call Center mitra Prakerja bisa dicek di situs ini https://kelembagaan.kemnaker.go.id.

Baca juga: Cara Mengatasi Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil saat Daftar Prakerja secara Online

Sebagi informasi tambahan, dikutip dari laman resmi Prakerja, sertifikat Prakerja idealnya bakal muncul paling lambat satu hari setelah (H+1) Manajemen Pelaksana Prakerja menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital mitra Prakerja.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.