Target Jadi Nomor 1 di Indonesia, Realme Kini Terlempar dari 5 Besar

Kompas.com - Diperbarui 19/08/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Laporan terbaru firma riset Canalys menunjukkan posisi Realme dari daftar 5 vendor teratas di Indonesia tergeser oleh Transsion, induk dari Infinix dan Tecno.

Menurut Canalys, 5 vendor teratas di Indonesia pada kuartal II-2022 meliputi Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi dan Transsion. Padahal pada kuartal sebelumnya, nama Realme masih muncul di posisi kelima.

Indonesia sendiri merupakan salah satu fokus utama Realme dalam mengembangkan bisnisnya. Mulai tahun ini hingga tahun depan, perusahaan asal China itu bahkan memiliki target untuk menjadi "Merek Smartphone No. 1 di Indonesia."

Baca juga: 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia, Induk Infinix Masuk Realme Terdepak

“Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memainkan peran yang penting bagi kami," ujar President International Business Unit Realme, Madhav Sheth, dikutip KompasTekno dari Info Komputer, Kamis (18/8/2022).

"Realme saat ini menduduki peringkat 5 di Indonesia. Memasuki tahun 2022, realme Indonesia terpacu untuk menjadi merek smartphone No. 1 dalam kurun waktu 2 tahun,” lanjut Madhav.

Guna mewujudkan target tersebut, Realme menerapkan strategi penjualan yang lebih hemat biaya, yaitu kombinasi penjualan online dan saluran pemasaran digital. Selain itu, Realme juga berupaya menimalisasi perantara, sehingga fokusnya bisa lebih kepada kualitas produk perusahaan.

Pada aspek produk, Realme menghadirkan sejumlah produk flagship ke Indonesia, tetapi dengan banderol yang terjangkau agar menjangkau lebih banyak pengguna.

Baca juga: Merek Ponsel Terbesar di Indonesia: Samsung Teratas, Transsion Masuk 5 Besar

Tak hanya itu, siasat lainnya yang diterapkan Realme yaitu dengan menghadirkan sejumlah produk pelengkap ekosistem perusahaan, meliputi produk AIoT, laptop, tablet, perangkat wearable dan sebagainya.

Sayangnya target untuk menjadi nomor satu di Indonesia tak semudah membalikkan telapak tangan. Posisi Realme saat ini justru tersaingi oleh Transsion di pasar Indonesia. Transsion adalah induk dari Infinix dan Tecno.

Meski demikian, tenggat target tersebut masih berjalan hingga tahun depan. Dengan kata lain, Realme masih punya kesempatan untuk kembali menyaingi vendor lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.