Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam–macam Fitur Group Illustration di Microsoft Word 2010

Kompas.com - 18/08/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menggunakan Microsoft Word pengguna umumnya akan menemukan berbagai menu. Menu dan fitur tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Ikon dan fitur tersebut juga pada umumnya tergabung dalam menu groups masing-masing.

Salah satu menu Group Illustrations. Menu ini memuat ikon Pictures, Shapes, SmartArt, dan Chart. Mungkin Anda cukup sering menggunakan fitur-fitur tersebut dalam membantu pembuatan dokumen di Microsoft Word.

Untuk lebih detail mengenai fungsi fitur-fitur di Group Illustration di Microsoft Word, berikut ini KompasTekno emrangkum fungsi dari ikon Pictures, Shapes, SmartArt, dan Chart. 

Baca juga: Cara Membuat Daftar Gambar di Microsoft Word dengan Mudah

Pictures

Ikon ini diilustrasikan dengan gambar foto. Fitur Pictures memiliki fungsi untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer atau di folder lainnya. Lewat fitur ini pengguna dapat menyisipkan gambar atau foto.

Saat pengguna menggunakan perintah ini, ia akan diarahkan masuk ke jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.

Untuk menggunakannnya pilih ‘Pictures’ selanjutnya klik ‘This Device’. Anda akan diarahkan ke folder komputer untuk menyisipkan gambar.

Shapes

Ikon menu ini diilustrasikan dengan bentuk-bentuk bidang. Fitur ini berfungsi untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dan lainnya.

Melalui fitur ini pengguna bisa lebih mudah menyisipkan gambar lingkaran, bintang, dan berbagai bentuk lain lebih mudah.

Baca juga: Cara Mengatasi Microsoft Word is Trying to Recover Your Information Error

SmartArt

SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. Pengguna umumnya menggunakan fitur ini untuk membuat beragam bagan dan diagram pada lembar kerja. Beberapa bagan, seperti Process, Cycles, Hierarchy, dan lain sebagainya.

Chart

Chart adalah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk membuat atau menyajikan data secara grafis. Di fitur ini terdapat berbagai macam Chart yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari bentuk kolom, garis, bar, histogram, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat QR Code Menggunakan Microsoft Word

Menyertakan bagan dalam menyajikan data di dokumen dapat memudahkan pembaca dan pengguna lain dalam memahami data yang ditulis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com